Info

Sudah Jadi Kebiasaan, Ternyata 3 Hal Ini Berdampak Buruk pada Kesehatan

Kebiasaan kecil yang sering kita lakukan ini ternyata berdampak buruk pada kesehatan. Apa saja?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Minuman berenergi. (shutterstock)
Minuman berenergi. (shutterstock)

Himedik.com - Walau semua orang tahu bahwa kebiasaan seperti merokok atau mengonsumsi narkoba adalah hal yang buruk, sehingga sebisa mungkin kita menghindarinya demi menjaga kesehatan.

Namun, nyatanya masih ada beberapa hal kecil buruk yang luput dan secara tak sadar sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Dan sayangnya, kebiasaan kecil ini justru berdampak buruk terhadap kesehatan kita.

Berikut beberapa kebiasaan buruk tersebut yang dilansir dari World of Buzz.

1. Minum dari botol yang terbuat dari plastik

Berikut beberapa alasannya:

- Berdasarkan tes yang dilakukan Universitas Negeri New York, sebanyak 93% sampel air kemasan terkontaminasi mikroplastik.
- Botol yang terbuat dari Bisphenol A (BPA) dapat membahayakan tubuh Anda dengan mengurangi kesuburan, memengaruhi perkembangan genital, dan meningkatkan risiko obesitas.
- Pengguna cenderung memiliki kebiasaan tidak mencuci botol plastik yang menyebabkan penumpukan bakteri.

Jadi, lebih baik gunakan botol yang bebas BPA atau gunakan botol stainless steel atau kaca. Dan jangan lupa untuk mencucinya dengan sabun.

Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)
Ilustrasi orang menonton TV (Shutterstock)

2. Tinggal di dalam rumah terlalu lama

Tinggal berjam-jam di dalam rumah ternyata akan memengaruhi tubuh kita.

Sebab:

- Paparan sinar matahari yang tidak cukup menyebabkan tubuh tidak dapat mengkalibrasi 'jam' di tubuh Anda, sehingga menyebabkan gangguan pada nafsu makan dan siklus tidur.
- Ini akan menyebabkan depresi karena sinar matahari benar-benar meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh.

Lebih baik, Anda keluar rumah setidaknya 45 menit untuk terkena paparan sinar matahari di pagi hari. Ini membantu membuat tubuh Anda keluar dari 'mode tidur' sehingga Anda tidak akan merasa lelah sepanjang hari.

Menurut sebuah studi tentang efek vitalitas yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology, berada di luar ruangan dan di alam yang diterbitkan menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam meningkatkan energi fisik dan mental.

3. Bermain ponsel secara teratur

Selalu memeriksa media sosial ternyata mempunyai dampak pada kesehatan mental kita.

- Sifat memeriksa ponsel setiap waktu bisa menyebabkan tingkat kecemasan dan depresi tinggi.
- Setiap kali manusia mengubah fokus mereka dari satu hal ke hal lain (misalnya melakukan pekerjaan untuk memeriksa teks dengan sangat cepat), akan membuat otak membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula.

Sehingga, Anda lebih baik memutuskan sambungan setidaknya 24 jam seminggu. Sebab, orang yang seperti ini ternyata meningkatkan kesehatan mental.

Berita Terkait

Berita Terkini