Info

Biasa Minum Susu Sebelum Tidur? Ternyata Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah minum susu di malam hari beda manfaatnya dengan minum di pagi hari?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Wanita minum susu - (Unsplash/Nastya Maxymova)
Wanita minum susu - (Unsplash/Nastya Maxymova)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan minum susu  di malam hari sebelum tidur. Selain itu, banyak juga orang tua yang menerapkan hal ini pada anak-anaknya. 

Begitu pula di pagi hari, banyak orang selalu mengawali hari dengan minum susu untuk menambah energi. Apalagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Tetapi, apakah minum susu di malam hari beda manfaatnya dengan minum di pagi hari?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa susu adalah sumber kalsium, natrium, protein, asam amino, lemak, serat, antioksidan dan vitamin (A,K dan B12) yang sangat berlimpah.

Karena itu sudah pasti susu mengandung berbagai nutrisi esensial bagi tubuh manusia. Tetapi, minum susu di malam hari tentu berbeda efeknya dengan minum susu di pagi hari.

Kelebihan minum susu di malam hari

Melansir dari NDTV, sebenarnya minum susu hangat di malam hari sebelum tidur sangat dianjurkan. Menurut Vasant Lad melalui bukunya The Complete Book of Ayuverdic Home Remedies mengatakan untuk jangan lupa minum susu sebelum tidur.

Seseorang bisa menambahkan sedikit jahe, kapulaga atau kunyit ke dalam susunya sebelum tidur. Karena, minuman ini akan membantu seseorang tertidur nyenyak.

Ilustrasi minum susu di malam hari (Shutterstock)
Ilustrasi minum susu di malam hari (Shutterstock)

 

Sebab, susu mengandung asam amino yang dipercaya sebagai triptofan agar tidur lebih nyenyak. Selain itu, susu juga mengandung melatonin yang dipercaya berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun seseorang.

Beberapa ahli juga berpendapat bahwa susu sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, karena kandungan kalsiumnya yang melimpah dan penyerapan kalsium lebih optimal di malam hari tanpa aktivitas fisik.

"Saya merekomendasikan susu panas untuk orang dengan masalah sembelit atau orang yang memiliki kebiasaan makan tidak menentu. Karena susu kaya serat dan tidak cepat larut," kata Anju Sood, ahli gizi di Bangalore.

Kekurangan minum susu di malam hari

Namun, ada pula ahli yang tidak menganjurkan minum susu di malam hari, terutama bagi mereka yang sembelit dan memiliki kebiasaan makan tidak teratur.

"Susu itu adalah makanan lengkap yang mengemas hampir semua nutrisi penting. Termasuk kombinasi laktosa dan protein, asupan laktosa itulah yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur," katanya.

Sebab, asupan tersebut dapat mencegah tubuh untuk mematikan daya atau beristirahat di malam hari. Di sisi lain, kandungan ini dapat mengganggu organ hati kita melakukan detoksifikasi di malam hari.

Sehingga beberapa ahli lebih menyatakan minum susu di pagi hari adalah waktu terbaik ketika tubuh manusia sedang aktif-aktifnya.

Meski begitu, ahli gizi dan pakar kesehatan juga menyarankan untuk menghindari minum susu dengan makanan yang sulit dicerna. Lebih baik mengonsumsi minuman dan makanan itu secara terpisah.

Berita Terkait

Berita Terkini