Info

Ratusan Mahasiswa Keracunan Ayam, Pahami Cara Bedakan Ayam Tak Layak Makan

Ratusan mahasiswa itu dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan diare, sakit perut dan muntah

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi ayam. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi ayam. (Pexels/Pixabay)

Himedik.com - Saat sedang mengikuti masa orientasi hari keempat, sebanyak 110 mahasiswa di sebuah universitas di daerah Kajang, Malaysia mengalami keracunan, Kamis (20/6/2019). Mereka terdiri dari 90 perempuan dan 20 pria. 

Ratusan mahasiswa itu dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan diare, sakit perut dan muntah, melansir World of Buzz.

Sejumlah mahasiswa mengatakan salah satu menu yang mereka konsumsi, ayam kecap, sudah berbau. Makanan berbau inilah yang diduga menjadi pemicu keracunan mahasiswa.

Mengetahui suatu makanan masih layak atau tidak adalah keharusan agar terhindar dari penyakit, salah satunya keracunan seperti ratusan mahasiswa di atas.

Menurut Claudia Sidoti, kepala koki di HelloFresh, mengungkapkan bagaimana cara membedakan ayam yang dimasak masih aman dikonsumsi atau tidak.

Makan ayam goreng. (Shutterstock)
Makan ayam goreng. (Shutterstock)

Melansir eatthis.com, Salmonella, bakteri patogen yang ditemukan pada telur dan unggas mentah , adalah patogen utama kedua yang menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Ada tiga cara untuk menemukan apakah ayam yang dimasak masih layak konsumsi.

1. Perubahan warna

“Ayam mentah segar harus memiliki warna merah muda, berdaging. Karena mulai memburuk, warnanya memudar menjadi abu-abu. Jika warnanya mulai terlihat kusam, Anda harus segera menggunakannya, ” kata Sidoti.

Namun, begitu daging mulai terlihat abu-abu, maka sudah waktunya untuk membuang ayam itu.

2. Bau

“Ayam mentah yang sudah busuk memiliki bau yang sangat kuat. Kadang-kadang dapat digambarkan sebagai bau asam. Jika ayam itu memiliki bau apa pun, paling aman untuk membuangnya,” jelasnya.

3. Merasakan daging

"Itu benar, langsung saja dan sentuh untuk menentukan apakah itu aman atau tidak untuk dimakan," sambungnya.

“Ayam mentah secara alami memiliki tekstur mengkilap dan berlendir. Namun, jika lendir tetap setelah dibilas di bawah air, kemungkinan akan memburuk,” katanya.

Tapi Sidoti mengungkapkan jika sebenarnya ayam terkadang kondisinya masih bagus walau sudah melewati tanggal kadaluwarsa.

"Asalkan tidak berbau busuk,” kata Sidoti.

"Namun, biasanya amannya ya membuangnya saja. Anda akan menempatkan diri Anda pada risiko sakit yang serius."

Berita Terkait

Berita Terkini