Info

Wow! Memelihara Kucing Ternyata Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Aktivitas memeluk kucing pun juga bisa meredakan gejala kecemasan.

Vika Widiastuti

Kucing. (shutterstock)
Kucing. (shutterstock)

Himedik.com - Memelihara kucing tak hanya menfaat untuk mental, salah satunya mengurangi stres, tetapi juga bagi kesehatan fisik lainnya, bahkan mengurangi risiko penyakit jantung.

Melansir dari In Style, sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology fokus pada riset yang menggali dampak positif memelihara kucing.

Para ilmuwan kemudian menemukan bahwa kepemilikan kucing dapat bermanfaat bagi kesehatan kita dalam beberapa cara. Paling signifikan, para peneliti mengamati penurunan risiko kematian akibat serangan jantung dan semua penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

"Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan rumah tangga dapat mewakili strategi baru untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada individu yang berisiko tinggi," kata penulis penelitian tersebut.

Aktivitas memeluk kucing pun juga bisa meredakan gejala kecemasan. Melanie Greenberg, psikolog klinis berlisensi, menyebut bahwa mengelus kucing dapat melepaskan oksitosin, hormon ikatan atau bahan kimia pelukan yang dapat mengurangi stres.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Itulah mengapa saat membelai kucing, kita merasakan bahagia dan tingkat stres akan berkurang. Tekanan darah pemilik kucing pun akan jadi lebih rendah.

Bagaimana? Apakah Anda semakin mantap memelihara kucing? (Suara.com/Yasinta Rahmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini

info

Apa yang Terjadi pada Otak saat Putus Cinta?

Jika Anda merasa sakit fisik atau mengalami "sakit hati" setelah putus cinta, bisa jadi karena otak bereaksi terhadap situasi dengan cara yang sama ketika Anda terluka secara fisik.