Info

Konsumsi Biji Semangka Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kok Bisa?

Para peneliti Amerika telah mengklaim bahwa biji semangka dapat menjaga saluran kemih dan ginjal.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi semangka. (Pixabay/ivabalk)
Ilustrasi semangka. (Pixabay/ivabalk)

Himedik.com - Siapa yang tak pernah menelan biji semangka? Ya setiap orang pasti pernah tak sengaja menelan biji semangka. Lalu, apa yang terjadi setelahnya?

Biji semangka sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti buahnya. Jadi, sesekali tak sengaja menelan bijinya tidak akan langsung berbahaya.

Para peneliti Amerika telah mengklaim bahwa biji semangka dapat menjaga saluran kemih dan ginjal. Dilansir dari Healthy Life Tricks, sejumlah ahli pun merekomendasikan untuk minum teh biji semangka karena membantu menghilangkan batu ginjal.

Perlu diketahui, biji semangka kaya akan serat yang artinya bisa memastikan pencernaan berfungsi baik dan melawan parasit. Selain itu, biji semangka mengandung citrulline, antioksidan untuk berguna mengatasi aterosklerosis, hipertensi dan angina pektoris.

Dalam komposisi biji semangka juga ditemukan banyak vitamin A, B, C, magnesium, zat besi, kalsium dan lemak. Oleh karena itu, biji semangka dinilai dapat memperkuat otot jantung, meningkatkan daya ingat, mengembalikan elastisitas kulit dan konsentrasi.

Manfaat minum air rebusan biji semangka (Pexels/rawpixel.com)
Manfaat minum air rebusan biji semangka (Pexels/rawpixel.com)

Bahkan bagi pasangan yang memiliki masalah hubungan intim juga disarankan mengonsumsi biji semangka. Hal itu karena biji semangka memiliki kekuatan untuk meningkatkan libido dan stamina pria dalam hubungan seks.

Meksi begitu, cara mengonsumsi biji semangka untuk mendapatkan sejumlah manfaat itu juga tak bisa sembarangan.

Konsumsi Biji Semangka Baik untuk Kesehatan Ginjal, Kok Bisa? - 2
Semangka. (Shutterstock)

Caranya, hancurkan 4 sendok makan biji semangka, lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi 2 liter air dan rebus hingga mendidih selama 15 menit.

Setelah itu, saring biji semangka, diamkan selama 3 hari sebelum mengonsumsinya agar hasil lebih maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini