Info

Jus Kombinasi Buah-buahan Ini Bahaya bagi Kesehatan, Salah Satunya Pisang!

Jangan kombinasikan buah-buahan ini sebagai jus atau dimakan bersamaan karena bisa membahayakan kesehatan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi jus buah. (Pixabay/balt)
Ilustrasi jus buah. (Pixabay/balt)

Himedik.com - Jus buah adalah minuman yang menyehatkan karena mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, kalium hingga asam folat. Tetapi, minum jus buah kombinasi sembarangan juga bisa membahakan kesehatan tubuh.

Anda pasti sudah memahami ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi buah-buahan. Kita bisa mengonsumsinya secara langsung, diolah sebagai minuman jus, salad buah dan sebagainya.

Anda pasti sudah sering melihat orang mencampur 2 macam atau lebih buah-buahan untuk membuat jus. Perlu Anda ketahui, tidak semua buah-buahan bisa kita kombinasikan.

Kombinasi buah-buahan yang tidak seharusnya dikonsumsi bersamaan tidak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi bisa membahayakan diri sendiri. Melansir dari Times Of India, berikut ini buah-bauah yang tidak boleh kita kombinasikan:

1. Pepaya dan lemon

Kombinasi pisang dan lemon bisa menyebabkan Anda mengalami anemia dan masalah hemoglobin, yakni protein dalam darah.

Jadi hindarilah konsumsi atau membuat jus kombinasi pepaya dan lemon jika tak ingin terjadi sesuatu yang membahayakan kesehatan.

Jus buah (shutterstock)
Jus buah (shutterstock)

 

2. Wortel dan jeruk

Anda mungkin sudah sering melihat orang mengombinasikan wortel dan jeruk saat membuat minuman jus. Faktanya, kombinasi wortel dan jeruk ini bisa membuat Anda sakit perut.

Selain itu, kombinasi wortel dan jeruk bisa memicu refluks empedu, mulas berlebihan, kerusakan sistem ginjal dan penyakit yang lebih serius.

3. Pisang dan jambu biji

Kombinasi pisang dan jambu biji sebagai minuman jus buah atau apapun bisa meningkatkan risiko asidosis, mual, penumpukan gas dan sakit kepala persisten.

4. Nanas dan susu

Campuran buah nanas dan susu bisa menghasilkan senyawa bromelain yang bisa menyebabkan gas lambung, mual, sakit kepala dan sakit perut.

Selain itu, campuran nanas dan susu juga bisa menyebabkan infeksi serta diare.

5. Pisang dan puding

Anda tidak seharusnya membuat puding pisang untuk anak-anak. Campuran ini bisa merangsang produksi toksin dalam tubuh yang mungkin membahayakan nyawa anak-anak atau diri sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini