Info

Pemakaian Tisu Toilet Selama Ini Ternyata Salah, Berikut Cara yang benar

Banyak orang yang tidak menyadari kesalahan yang diperbuat ketika menggunakan tisu toilet untuk membasuh organ intim.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)
Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay/kropekk_pl)

Himedik.com - Banyak orang, terutama wanita yang menggunakan tisu setelah buang air besar atau buang air kecil. Hal ini dilakukan tidak agar organ intim lembap.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari kesalahan yang diperbuat ketika menggunakan tisu toilet untuk membasuh organ intim.

Padahal cara pakai tisu toilet yang salah bisa menyebabkan infeksi saluran kemih atau kelamin. Melansir dari Healthy Life Tricks, adapun 3 kesalahan umum yang biasa orang lakukan di toilet dan tisu toilet.

1. Terlalu lama berada di toilet

Sebelum membahas perihal tisu toilet, perlu Anda ketahui terlalu lama berada di dalam toilet tidak baik untuk kesehatan.

Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan Anda mengalami wasir karena terlalu lama berjongkok atau duduk di toilet.

Ilustrasi toilet (Shutterstock)
Ilustrasi toilet (Shutterstock)

 

2. Terlalu banyak membasuh organ intim dengan tisu

Beberapa orang mungkin kebiasaan membasuh organ intim dua kali atau lebih menggunakan tisu agar benar-benar kering. Nyatanya, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi kulit di sekitar organ intim.

Anda tidak perlu membasuh berkali-kali dan terlalu keras area kewanitaan organ intim guna menghindari iritasi.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan tisu yang digunakan untuk organ intim berbahan lembut dan tidak mengandung parfum.

3. Kesalahan cara membasuh organ intim

Banyak orang salah kaprah ketika membersihkan atau membasuh organ intim menggunakan tisu. Kebanyakan membasuhnya dari area belakang ke depan.

Padahal cara itu sama halnya memindahkan bakteri di area dubur ke uretra, perpindahan bakteri inilah yang bisa menyebabkan infeksi kandung kemih.

Berita Terkait

Berita Terkini