Info

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasi Mulut Kering

Meski tidak secara resmi dapat didiagnosis, tetapi mulut kering bisa sebabkan oleh beberapa kondisi medis.

Vika Widiastuti

Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)
Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)

Himedik.com - Anda sering merasa haus, bahkan mulut tetap kering setelah minum beberapa gelas air putih? Mulut kering jangan disepelakan karena kondisi yang disebut Xerostomia menandakan kelenjar yang berperan  memproduksi air liur tidak berfungsi dengan baik.

Meski tidak secara resmi dapat didiagnosis, tetapi mulut kering bisa sebabkan oleh beberapa kondisi medis. Bukan hanya membuat tak nyaman, mulut kering juga bisa mengakibatkan kesulitan menelan makanan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Dilansir dari timesofindia, berikut beberapa cara alami dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mulut kering.

1. Minum Air yang cukup

Untuk tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air putih yang cukup. Pastikan Anda minum air putih 2 liter setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa minum air kelapa atau jus.

2. Kunyah perman karet tanpa gula

Mengunyah permen karet tanpa gula bisa memberikan sedikit bantuan jangka pendek untuk mengatasi masalah mulut kering. Hal ini karena permen karet mengandung xylitol yang berguna untuk merangsang produksi air liur.

Mengunyah permen karet dipercaya dapat membakar kalori. (shutterstock)
Ilustrasi mengunyah permen karet. (shutterstock)

3. Berkumur

Berkumur dengan air hangat dan sesendok garam bisa membantu masalah mulut kering dengan cara memicu kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur.

4. Bumbui makanan

Menambahkan sedikit bumbu di makanan seperti cabe rawit, biji adas, kapulaga bisa merangsang kelenjar air liur.

5. Lemon

Lemon memang terkenal bersifat asam. Ini juga sangat baik untuk mengobati bau mulut dan membersihkan mulut. Selain itu, lemon juga bisa merangsang produksi air liur. Jadi minumlah segelas jus lemon setiap pagi. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya.

Berita Terkait

Berita Terkini