Info

Kembang Kol dan Kubis Juga Rawan Terinfeksi Cacing Pita, Ini Bahayanya

Kembang kol dan kubis juga mengandung cacing pita yang sulit dihilangkan meskipun sudah direbus.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Kubis. (pixabay/pexels)
Kubis. (pixabay/pexels)

Himedik.com - Selama ini banyak orang mungkin mengira cacing pita hanya ada di daging hewan seperti babi. Faktanya, cacing pita juga terdapat di beberapa sayuran seperti kubis dan kembang kol sehingga berbahaya jika berkembang di dalam tubuh.

Menurut beberapa penelitian, dilansir dari Times of India, makan sayuran mentah menjadi salah satu penyebab terbesar infeksi cacing pita, terutama kubis dan kembang kol.

Cacing dalam kubis dan kembang kol ini umumnya sulit terlihat karena tersembunyi di balik lapisan kubis atau kembang kol.

Hewan kecil pada kubis dan kembang kol ini juga dapat bertahan hidup pada suhu tinggi karena telur cacing bercangkang keras.

Jika kita tidak sengaja menelannya, cacing ini tak cuma berkembang biak di usus. Cacing kecil ini juga bisa masuk ke otak melalui aliran darah.

Selain kubis dan kembang kol, cacing pita otak yang dikenal sebagai taeni solium ini juga bisa ditemukan pada kangkung serta brokoli.

Cacing pita parasit bisa menginfeksi manusia. (Shutterstock)
Ilustrasi cacing pita parasit bisa menginfeksi manusia. (Shutterstock)

Cacing pita seperti ini saat dicerna bakal menempelkan dirinya ke dinding usus dan menetaskan telur lalu berubah menjadi larva. Setelah telur menetas, cacing akan bergerak melalui aliran darah ke otak.

Hal ini menyebabkan cysticecrosis yang dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh termasuk hati dan otot. Saat sudah masuk ke dalam otak, larva mulai mengiritasi daerah sekitarnya dan menghasilkan gejala sakit kepala, kelumpuhan hingga kejang.

Tahap paling parah, telur cacing dapat membentuk kista yang menyebabkan penyakit neurocysticercosis. Pada kondisi ini orang bakal membutuhkan terapi intensif dan beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Kembang kol. (pixabay/thraniwen)
Kembang kol. (pixabay/thraniwen)

Cacing pada kembang kol dan kubis ini termasuk yang sangat sulit dibersihkan, walaupun sudah direbus hingga mendidih.

Cara efektif untuk menyingkirkannya, coba tambahkan kristal kalium permanganat ke dalam mangkuk berisi air dan rendam sayur dalam larutan ini.

Setelah 3-5 menit didiamkan, cuci sayuran sampai bersih dengan air mengalir. Cara ini disebut paling efektif untuk mengusir cacing, bakteri, parasit dan residu pestisida kimia.

Berita Terkait

Berita Terkini