Info

Ayo, Coba Diet Jepang! Makan Pisang Turunkan Berat Badan dalam Sepekan

Diet Jepang disebut sangat efektif menurunkan berat badan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi diet pisang (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diet pisang (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Memasukkan buah pisang ke dalam menu diet harian Anda rupanya sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Apalagi pisang juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari Healthy Life Tricks, konsumsi pisang setiap pagi ternyata dapat membantu menurunkan berat badan hingga 5 kilogram hanya dalam seminggu.

Diet pisang ini disebut diet Jepang. Metode ini dipelopori oleh apoteker Sumiko Watanabe dari Osaka untuk suaminya, Hitoshi Watanabe. Uniknya, diet ini bahkan tak memerlukan upaya atau perubahan khusus dalam rutinitas harian Anda.

Pisang mengandung pati resisten yang efektif mempercepat proses penurunan berat badan. Hanya saja, tidak semua pati itu sama. Pati terbagi menjadi dua, yaitu pati yang mudah dicerna dan pati resisten.

Cara melakukan diet Jepang ini pun terbilang mudah. Anda cuma perlu mengonsumsi 1-2 pisang dan 1 gelas air hangat setiap pagi untuk sarapan.

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Hal itu karena kombinasi pisang dan air hangat ini mampu meningkatkan pencernaan dan melembabkan tubuh.

Setelah Anda mengonsumsi pisang dan air hangat di pagi hari, Anda dapat menyantap makanan apapun di siang dan malam hari.

Prinsipnya, Anda dapat mengonsumsi makanan apapun sampai 80 persen puas lalu berhenti. Namun, Anda juga tetap harus memilih makanan yang rendah kalori di siang dan malam hari.

Adapun aturan makan yang bisa Anda jadikan panduan saat melakukan diet Jepang ini. Pada pukul 3 sore, Anda dapat mengonsumsi makanan ringan yang manis asalkan penting dan sehat.

Ilustrasi manfaat pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi manfaat pisang. (Shutterstock)

Pada pukul 8 malam, sebaiknya Anda tak mengonsumsi makanan berat atau ringan apapun. Selain itu, Anda juga mesti menghindari minuman beralkohol, jus dengan pemanis maupun susu, selama melakukan diet Jepang.

Di sisi lain, Anda malah dianjurkan tidur terlalu larut malam. Hal itu mengingat tidur juga berperan penting dalam proses penurunan berat badan.

Berita Terkait

Berita Terkini