Info

4 Manfaat Sauna yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Turunkan Risiko Stroke

Sama memberikan manfaat seperti halnya olahraga?

Vika Widiastuti

Ilustrasi sauna. (Pixabay/NGSOFT)
Ilustrasi sauna. (Pixabay/NGSOFT)

Himedik.com - Sauna memberikan manfaat yang tak sedikit bagi kesehatan. Bahkan orang-orang di Finlandia sangat menyukai sauna dan memiliki sauna pribadi di rumahnya. 

Para peneliti di Jerman juga menemukan bahwa 25 menit sauna sama melelahkannya dengan olahraga ringan. Dalam penelitian ini, denyut jantung dan tekanan darah peserta diukur.

Diketahui bahwa kedua parameter naik saat melakukan sauna dan turun sesudahnya. Hal ini sama bagi pengendara sepeda statis dengan intensitas sedang.  Selain itu, berikut beberapa manfaat sauna yang perlu kamu tahu dilansir dari timesofindia.

1. Baik untuk kesehatan mental

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa sauna bisa meningkatkan keseimbangan sistem saraf otonom jantung. Hal ini menyebabkan peningkatan tonus vagal dan penurunan tonus simpatis sehingga variabilitas detak jantung bisa lebih baik.

Semua ini menunjukkan bahwa sauna bisa membuat tubuh dan pikiran berelaksasi. Sehingga melakukan sauna bisa mengurangi risiko gangguan mental, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

Ilustrasi sauna (Shutterstock).
Ilustrasi sauna (Shutterstock).

2. Menjaga tekanan darah

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa orang yang melakukan sauna empat hingga lima kali seminggu, 50 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibanding orang yang pergi ke sauna sekali dalam seminggu.

Hal ini karena saat suhu tubuh naik dan pembuluh darah terbuka sehingga berfungsi lebih baik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menghabiskan waktu di sauna lebih baik saat musim dingin atau saat flu. Satu sesi sauna selama 15 menit bisa meningkatkan sel darah putih, limfosit, neutrofit, dan basofil Anda.

Penelitian juga mengungkapkan, stres yang ditimbulkan tubuh akibat panas dari sauna meningkatkan kekebalan tubuh

4. Mengurangi risiko stroke

Menurut studi pada 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, pria dan wanita yang melakukan sauna 4-7 kali dalam seminggu, 61 persen lebih kecil kemungkinan mengalami stroke dibanding hanya seminggu sekali melakukan sauna.

Berita Terkait

Berita Terkini