Info

Tubuh Dorce Gamalama Turun 8 Kg Akibat Diabetes, Benarkah itu Efeknya?

Dorce Gamalama mengaku tubuh jauh lebih kurus karena berat badannya turun 8 kg akibat menderita diabetes dan batu ginjal.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Dorce Gamalama mengakui tubuhnya jauh lebih kurus (Suara.com/Yuliani)
Dorce Gamalama mengakui tubuhnya jauh lebih kurus (Suara.com/Yuliani)

Himedik.com - Setelah dikabarkan sakit diabetes dan batu ginjal beberapa waktu lalu, tubuh Dorce Gamalama terlihat lebih kurus. Dorce Gamalama pun membenarkan bahwa berat badannya memang menurun hingga 8 kilogram.

Dorce Gamalama juga bercerita banyak orang yang menegurnya lebih kurus hingga dikira menjalani diet khusus. Nyatanya, Dorce Gamalam mengaku penurunan berat badannya akibat sakit diabetes dan batu ginjal.

"Banyak yang bilang saya kurusan, tapi justru saya lebih enteng. Dulu saya 62 kg sekarang 54 kg. Alhamdulillah lebih ringan jalan, nggak engap," kata Dorce saat ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Karena menderita dua penyakit itu, tubuh Dorce Gamalama jauh lebih kurus dan ia lebih memperhatikan asupan makanannya.

"Nggak (perawatan). Alhamdulillah kan saya juga ada sakit yang semua orang juga dapat penyakit itu. Cuma kan bagaimana kita bisa mengontrol makanan supaya lebih sehat," jelas perempuan yang telah menyiapkan kain kafan untuk digunakan saat meninggal nanti.

Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil [Suara.com/Sumarni]
Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil [Suara.com/Sumarni]

 

Tetapi, apakah benar diabetes dan batu ginjal memengaruhi penurunan berat badan?

Pada orang dengan diabetes dilansir dari Diabetes.co.uk, insulin yang tidak memadai mencegah tubuh dari mendapatkan glukosa dari darah ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Ketika ini terjadi, tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi. Sehingga menyebabkan penurunan berat badan secara keseluruhan.

Penurunan berat badan yang tak terduga sering terlihat pada orang-orang sebelum diagnosis diabetes tipe 1 tetapi juga bisa memengaruhi orang dengan diabetes tipe 2.

Sementara itu dilansir dari webmd, studi justru menemukan orang yang berlebihan berat badan justru berisiko batu ginjal daripada orang yang bertubuh kurus.

Hasil penelitiannya menunjukkan pria dengan berat badan 99 kilogram memiliki risiko 44 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang berat badannya kurang dari 68 kilogram. Fakta tentang batu ginjal ini juga berlaku pada wanita.

Selain batu ginjal, orang dengan ciri tersebut juga berisiko menderita diabetes. Penyakit diabetes itulah yang akhirnya menyusutkan berat badannya.

Berita Terkait

Berita Terkini