Info

Inilah 5 Tanda Tubuh Butuh Istirahat, Jangan Paksakan Bekerja!

Lima tanda tubuh membutuhkan istirahat meski Anda masih kuat untuk bekerja.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi lelah bekerja - (Shutterstock)
Ilustrasi lelah bekerja - (Shutterstock)

Himedik.com - Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tubuh bisa saja merasakan lelah meski diri sendiri tidak membutuhkan istirahat. Akibatnya mereka terus memaksa tubuh bekerja yang akhirnya bisa berakibat buruk pada kondisi kesehatannya.

Pola tidur berantakan dan energi yang terus diforsir bisa merusak sistem kekebalan tubuh serta kehilangan selera makan. Karena, Anda seperti memaksa tubuh terus membakar energi ketika sudah kelelahan.

Melansir dari Runners World, ada beberapa hal yang merupakan tanda bahwa tubuh Anda sudah membutuhkan istirahat. Jika Anda merasakan tanda-tanda di bawah ini jangan memaksa tubuh terus beraktivitas.

1. Berat badan turun

Penurunan berat badan menunjukkan fluktuasi cairan tubuh, kemungkinan Anda tidak cukup minum selama sehari sebelumnya. Dehidrasi ini bisa berdampak negatif pada kinerja fisik dan mental.

Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]
Ilustrasi kelelahan. [Shutterstock]

 

2. Detak jantung meningkat

Cek denyut nadi Anda setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Ketika denyut nadi Anda meningkat atau lebih cepat itu merupakan salah satu tanda stres. Hal ini memang tidak bisa mendeteksi stres fisik atau psikologis, tetapi Anda butuh istirahat.

3. Tidur tidak nyenyak

Pola tidur yang konsisten memberi Anda dorongan hormon pertumbuhan. Tetapi, pola tidur buruk yang terjadi secara berturut-turut bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh, motorik dan kognitif.

Ilustrasi tidur (shutterstock)
Ilustrasi tidur (shutterstock)

 

4. Mood mudah berubah

Ketika tubuh terasa lelah, Anda cenderung akan lebih rewel atau moody. Karena, tubuh lelah menghasilkan hormon seperti kortisol yang menyebabkan iritabilitas atau kecemasan. Stres fisik juga menghentikan zat-zat kimia seperti dopamin pada tubuh.

5. Jatuh sakit

Jika Anda jatuh sakit hingga melebihi 72 jam, pastikan untuk berisitirahat total. Sakit seperti ini bisa mengartikan bahwa tubuh Anda sangat kelelahan.

Berita Terkait

Berita Terkini