Info

Jangan Lakukan Lagi, Kebiasaan Cek Ponsel Saat Bangun Tidur Picu Stres!

Kebiasaan mengecek ponsel untuk membuka notifikasi, media sosial dan lainnya ketika bangun tidur bisa memicu stres.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bermain gadget ketika bangun tidur. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget ketika bangun tidur. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Di era digital sekarang, semakin banyak orang yang mementingkan bermain ponsel ketika bangun tidur. Biasanya mereka akan membuka notifikasi pesan, email maupun media sosial. Padahal hal ini merupakan kebiasaan buruk yang tak sehat untuk pikiran.

Kebiasaan membuka ponsel setelah bangun tidur memberikan dampak buruk pada pikiran karena beberapa hal. Tristan Harris, mantan Ethicist Desain Google telah mempelajari bagaimana teknologi mengeksploitasi kelemahan pikiran orang.

Melansir dari Business Insider, Harris mengatakan kebiasaan membuka ponsel lalu melihat notifikasi saat bangun tidur pagi hari. Hal itu bisa membingkai pengalaman seseorang ketika bangun di pagi hari.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kebiasaan melihat notifikasi ponsel ketika bangun bisa memicu stres. Mereka lantas melakukan survei terhadap 2.000 pekerja di Inggris untuk membuktikan hal tersebut.

Peneliti menemukan para pekerja yang memiliki kebiasaan melihat notifikasi setelah bangun tidur berkaitan dengan perasaan cemas yang lebih tinggi.

Pasangan asyik ber-gadget di tempat tidur. (Shutterstock)
Pasangan asyik ber-gadget di tempat tidur. (Shutterstock)

Dalam analisis lain di University of British Columbia, juga dilakukan penelitian terhadap 124 mahasiswa dan profesor yang selalu melihat ponsel ketika pertama kali bangun tidur.

Selama satu minggu, mereka yang menjalankan kebiasaan tersebut cenderung lebih stres. Lalu pada minggu berikutnya, mereka diminta hanya membuka ponsel ketika bangun tidur 3 kali seminggu. Selain itu, mereka juga diminta menonaktifkan semua notifikasi.

Hasilnya, para peserta memiliki tingkat stres jauh lebih rendah daripada ketika punya kebiasaan selalu membuka notifikasi setelah bangun tidur.

Ilustrasi berbagai aplikasi di ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi berbagai aplikasi di ponsel Android. [Shutterstock]

Karena itu, Harris menyarankan agar semua orang fokus pada aktivitas lain daripada ponsel ketika bangun tidur. Dia menyontohkan lebih baik berolahraga atau menyeduh secangkir kopi di pagi hari sebelum membuka ponsel.

Berita Terkait

Berita Terkini