Info

Jangan Disepelekan, Ini 7 Tanda Ada Masalah di Ginjal!

Bukan hanya soal usia, faktor gaya hidup pun berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Vika Widiastuti

ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)
ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)

Himedik.com - Ginjal atau organ yang berfungsi untuk menyaring darah, membuang limbah dan racun sangat krusial untuk tubuh. Sehingga perlu dijaga kesehatannya. 

Seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal akan menurun. Namun bukan itu saja, faktor gaya hidup pun bisa memengaruhi kesehatan ginjal.

Berikut beberapa tanda kondisi ginjal sedang bermasalah yang perlu Anda waspadai dilansir dari timesofindia.

1. Tekanan darah tinggi

Ginjal dan pembuluh darah saling terhubung sehingga tekanan darah tinggi bisa berdampak negatif pada ginjal.

Tekanan darah bisa merusak pembuluh darah di ginjal, yang mengurangi kinerjanya. Pembuluh darah akan terluka dan lemah ketika meregang untuk memudahkan aliran darah.

Luka dapat terjadi di pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk ginjal. Setelah pembuluh darah di ginjal rusak, kemungkinan ginjal akan berhenti mengeluarkan limbah dan cairan berlebih dari tubuh.

Menurut American Heart Association, tekanan darah tinggi menjadi penyebab kedua yang paling umum dari gagal ginjal.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

 

2. Intensitas buang air kecil

Terlalu sering atau terlalu jarang buang air kecil bukanlah hal yang bagus. Sebab, saat saringan ginjal rusak bisa menyebabkan keinginan buang air kecil meningkat.

Sebaliknya, terlalu sedikit buang ait kecil bisa menjadi tanda obstruksi saluran kemih atau batu ginjal.

3. Kemampuan konsentrasi berkurang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Temple University, penurunan kemampuan kognitif atau kesulitan menghafal salah satunya bisa disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal.

Hal ini karena penurunan fungsi ginjal yang menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Pada akhirnya akan membuat Anda merasa lelah, lemah, dan kurang berkonsentrasi. Lebih parahnya, gagal ginjal bisa menyebabkan adanya penumpukan racun di otak.

4. Kaki dan tangan membengkak

Apakah kaki dan tangan Anda sering membengkak? Jika iya, segera periksakan ke dokter karena hal ini mungkin berkaitan dengan ginjal.

Gangguan pada fungsi ginjal bisa menyebabkan retensi natrium dalam tubuh, yang seharusnya dikeluarkan melalui saluran kemih. Retensi natrium tersebut yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di tangan dan kaki.

Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)
Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)

 

5. Ada darah dalam urine

Ginjal biasanya akan menghentikan sel-sel darah agar tak mengalir ke luar saat menyaring limbah dari darah. Ketika ginjal rusak, sel-sel darah akan bocor ke urine.

Bukan hanya masalah ginjal, darah dalam urine bisa juga disebabkan oleh tumor, batu ginjal, atau infeksi lainnya.

6. Nyeri punggung bagian bawah dan kram otot

Jika Anda sering merasakan sakit di punggung bagian bawah, biasanya di samping, bisa disebabkan oleh masalah pada ginjal.

Umumnya, infeksi saluran kemih, batu ginjal, cedera bisa menyebabkan rasa sakit tersebut. Selain itu, ketidakseimbangan elektrolit dalam tubun seperti kadar kalsium yang rendah juga bisa menjadi penyebab kram otot.

7. Sulit tidur

Sulit tidur bisa menandakan masalah kesehatan tertentu, salah satunya pada ginjal. Jika ginjal tidak bisa menyaring racun dari tubuh dengan benar, hal ini bisa menganggu tidur.

Sleep apnea lebih umum terjadi pada mereka yang menderita penyakit ginjal kronis.

Berita Terkait

Berita Terkini