Info

Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Ini 4 Makanan yang Perlu Anda Hindari!

Mulai sekarang hindari makanan ini ya!

Vika Widiastuti

Ilustrasi kesadaran akan kanker payudara - (Shutterstock)
Ilustrasi kesadaran akan kanker payudara - (Shutterstock)

Himedik.com - Oktober diperingati sebagai bulan kesadaran kanker payudara. Peringatan ini bertujuan untuk terus mengingatkan masyarakat pentingnya kesadaran dan deteksi dini kanker payudara. 

Diagnosis dini penting dalam perawatan dan pengobatan kanker payudara. Selain itu, beberapa kebiasaan gaya hidup dipercaya bisa mencegah penyakit ini, misalnya dari makanan.

Ada pula makanan yang diyakini bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Berikut makanan yang perlu Anda waspadai seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Susu

Susu sebenarnya menjadi ketubuhan diet yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, di era sekarang tak sedikit makanan yang dipalsukan, termasuk susu.

Untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan produk susu, peternak sapi perah akan menyuntikkan sapi dengan hormon untuk meningkatkan produksi susu. Ini pada akhirnya bisa berdampak pada kesehatan wanita yang menempatkannya pada risiko kanker payudara yang lebih tinggi.

Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Ini 4 Makanan yang Perlu Anda Hindari! - 1
Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

2. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans dari makanan olahan bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hindakan pula makanan olahan seperti keripik dan cookies.

Sebaliknya, konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara.

3. Banyak asupan gula

Mengurangi asupan gula terbukti bermanfaat untuk pasien yang menjalani perawatan kanker. Menurut jurnal Cancer Causes and Control, wanita yang mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi memiliki risiko 27 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula.

Karbohidrat dalam makanan manis bisa membuat tubuh kita melepaskan banyak insulin yang mendorong pertumbuhan sel kanker.

Ilustrasi gula. (Shutterstock)
Ilustrasi gula. (Shutterstock)

4. Daging merah

Meski dianggap baik untuk kesehatan, seseorang harus berhati-hati mengonsumsi daging merah. Daging beku, daging merah yang diawetkan dan diproses mengandung banyak garam, lemak dan pengawet yang lebih tinggi.

Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hindari hal ini dan pilihlah daging merah yang baru dipotong.

Berita Terkait

Berita Terkini