Info

Ingin Turunkan Gula Darah? Makan Jambu Biji Pagi Hari Saat Sarapan!

Waktu yang paling efektif adalah mengonsumsi jambu biji di pagi hari.

Vika Widiastuti

Manfaat mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan (Pixabay/einszweifrei)
Manfaat mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan (Pixabay/einszweifrei)

Himedik.com - Menjaga kadar gula darah adalah hal yang penting, terutama bagi pasien diabetes tipe 2 agar tidak mengalami masalah kesehatan dan komplikasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan. 

Selain itu, beberapa buah diyakini bagus untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, salah satunya jambu biji yang terbukti efektif mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba.

Bukan itu saja, peneliti juga mencatat waktu yang paling efektif untuk mendapat manfaat dari buah tersebut, yaitu makankah jambu biji untuk sarapan. Hal ini akan membuat tubuh menyerap lebih banyak nutrisi.

Dalam penelitian pada hewan dan manusia, konsumsi jambu biji secara teratur atau ekstraknya bisa membantu mengontrol kadar gula darah jangka panjang dan resistensi insulin, lapor Daily Express.

Sebuah studi pada 19 orang juga menemukan bahwa teh daun jambu biji bisa mengurangi kadar gula darah setelah makan. Manfaat kesehatan ini berlangsung setelah 2 jam.

Illustrasi jambu biji. (Shutterstock)
Illustrasi jambu biji. (Shutterstock)

Penelitian lain yang juga menganalisis efek teh daun jambu biji terhadap 20 orang yang mengalami diebates tipe 2, menunjukkan bahwa buah tersebut bisa membantu menurunkan darar gula darah partisipan hingga lebih dari 10 persen.

Buah ini juga membantu menurunkan berat badan. Jambu biji merupakan sumber serat yang baik dan hanya mengandung 37 kalori. Kelebihan berat badan atau obesitas, selama ini dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris, kombinasi antara diet yang sehat dengan buah-buahan dan penurunan berat badan baik untuk pasien diabetes. Aktif secara fisik dan olahraga secara teratur akan memaksimalkan manfaat tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini