Info

Tidak Perlu Minder, Orang Kidal Justru Punya Banyak Kelebihan

Ini kata penelitian soal orang kidal.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tangan. (pixabay)
Ilustrasi tangan. (pixabay)

Himedik.com - Anda pasti pernah melihat orang dengan tangan kidal di lingkungan sekitar bukan? Biasanya orang kidal melakukan semua aktivitas dengan tangan kiri, baik menulis, menyisir rambut, memegang raket atau lainnyaa. Sayangnya, masih banyak orang menganggap kidal adalah buruk.

Banyak orang tua sering meminta anaknya yang kidal untuk menggunakan tangan kanannya melakukan aktivitas. Bahkan, terkadang mereka memaksa anak untuk menggunakan tangan kanannya.

Padahal orang kidal justru memiliki keistimewaan tersendiri. Baru-baru ini para peneliti telah mengidentifikasi empat sisi di otak dari orang yang kidal.

Ternyata orang kidal justru memiliki kelebihan dengan keterampilan bahasa yang lebih unggul. Selain itu, mereka juga lebih cenderung multitasking.

"Penelitian kami menemukan bahwa orang yang kidal memiliki komunikasi antara otak kanan dan kiri yang lebih terkoordinasi," jelas dr Akira Wiberg, seorang anggota Dewan Riset Medis di Universitas Oxford, dikutip dari Mirror.co.uk.

Ilustrasi tangan kidal. (Shutterstock)
Ilustrasi tangan kidal. (Shutterstock)

Profesor Dominic Furniss, anggota penelitian itu juga mengakui bahwa masih banyak orang yang menganggap bahwa orang kidal biasanya tidak beruntung hingga jahat.

Tetapi, tim penelitiannya berusaha membuktikan bahwa kidal adalah konsekuensi dari perkembangan biologi otak, sebagian didorong oleh interaksi kompleks dari banyak gen.

Gen itulah yang menyebabkan orang terlahir kidal, meski belum bisa diidentifikasi gen seperti apa yang menyebabkan kidal.

Tidak Perlu Minder, Orang Kidal Justru Punya Banyak Kelebihan - 2
Ilustrasi tangan kidal. (Shutterstock)

Para peneliti menemukan ciri-ciri genetik kidal di area otak yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya. Orang kidal, terutama anak perempuan, justru lebih mampu berbicara lancar serta kaya kosakata.

"Untuk pertama kalinya pada manusia, kita dapat membuktikan bahwa kidal sebenarnya dapat diidentifikasi di otak," jelasnya.

Selain itu, orang kidal juga lebih jago dalam bidang olahraga, seperti tenis, berenang, baseball dan tinju. Karena itu, orangtua tak seharusnya malu ketika memiliki anak dengan tangan kidal.

Berita Terkait

Berita Terkini