Info

Waspada Nyeri Perut Sisi Kanan, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Nyeri perut yang terlalu sering sebaiknya dirujuk ke dokter.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Anda mungkin pernah merasakan nyeri perut sebelah kanan yang tidak jelas penyebabnya lalu diabaikan. Padahal, nyeri perut sebelah kanan bisa jadi tanda masalah kesehatan yang tak terduga.

Menurut Mia Finkelston , MD, seorang dokter keluarga di Leonardtown, MD, nyeri perut sebelah kanan ini tak seharusnya diabaikan. Orang harus memperhatikan lamanya rasa sakit, waktu mulai hingga frekuensi rasa nyeri di perut sebelah kanan terjadi.

Dilansir dari The Healthy, nyeri perut sebelah kanan mungkin menjadi tanda 5 penyakit di bawah ini 

1. Kelebihan gas

Rasa nyeri di perut sebelah kanan bagian atas pusar bisa jadi tanda tubuh kelebihan gas. Dalam hal ini, biasanya orang kebanyakan mengonsumsi makanan penyebab gas seperti sayuran silangan (brokoli, kubis Brussel, kembang kol) atau kacang-kacangan. Karena itu, mengurangi makanan penyebab gas bisa mengurangi nyeri perut di bagian kanan.

2. Gangguan pencernaan

Ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, perut bagian atas akan terasa seperti terbakar lalu menyebabkan nyeri perut di bagian kanan. Sebenarnya gangguan pencernaan ini tidak serius dan bisa terjadi jika makan terlalu cepat, minum alkohol, kopi atau konsumsi makanan turunan asam seperti tomat.

Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)

 

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), orang bisa mengalami gangguan pencernaan setelah konsumsi makanan Italia terlalu banyak. Biasanya gejala akan menghilang sendiri, tapi Anda perlu mengunjungi dokter jika gejala tidak hilang selama 2 minggu.

3. Hernia

Olahraga angkat beban di gym atau mengangkat benda-benda berat di tempat kerja maupun ruman, bisa membuat Anda lebih berisiko menderita hernia. Selain itu, hernia juga dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan dan faktor lainnya. 

Gejala-gejalanya termasuk rasa sakit ketika mengangkat, sakit di area intim dan pria mungkin akan memiliki tonjolan di pangkal paha. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara operasi perbaikan.

Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)

 

4. Radang usus buntu

Sakit perut sebelah kanan juga bisa tanda awal radang usus. Biasanya orang akan mencurigai hal ini jika mengalami nyeri di perut sebelah kanan.

“Rasa sakit biasanya mulai di sekitar pusar Anda dan kemudian pindah ke kuadran kanan bawah,” kata Dr. Finkelston. 

Biasanya penyakit ini juga membuat penderita tidak nyaman saat duduk diam atau berbaring di tempat tidur.
 
"Tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya. Tidak ada pemicu spesifik untuk radang usus buntu, ” katanya. 

5. Kista ovarium

Wanita memiliki ovarium di setiap sisi rahim. Terkadang kista berisi kantung berisi cairan dapat terbentuk di ovarium. Sebagian besar, kista ovarium hilang dengan sendirinya.

Namun, kista yang ukurannya cukup besar bisa menyebabkan rasa sakit. Apalagi jika kista berada di ovarium kanan, hal itulah yang menimbulkan nyeri perut sebelah kanan. Temui dokter jika rasa sakitnya tiba-tiba, makin parah atau mengalami demam dan muntah.

Berita Terkait

Berita Terkini