Info

Atasi Serangan Jantung dengan Teknik Pernapasan Ini, Bisa Latihan Sendiri!

Serangan jantung harus segera diatasi, jika tidak segera dipulihkan bagian otot jantung akan mulai mati.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Ilustrasi melakukan latihan pernapasan. (pixabay/terimakasih0)
Ilustrasi melakukan latihan pernapasan. (pixabay/terimakasih0)

Himedik.com - Serangan jantung merupakan kondisi yang terjadi saat aliran darah yang mengandung oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung. Masalah kesehatan ini dapat terjadi kapan saja.

Jika aliran darah tidak segera dipulihkan, bagian otot jantung akan mulai mati. Kondisi ini juga disebut sebagai infark miokard, yaitu kejadian gawat darurat yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secepatnya.

Sebelum mendapat pertolongan dari orang lain, ada baiknya orang yang mengalami serangan jantung untuk bisa menolong dirinya sendiri.

Melansir Times of India, seorang pelatih Luke Coutinho membagikan tips untuk mengatasi serangan jantung dengan teknik pernapasan yang dapat dipelajari para pasien.

Seorang pria alami serangan jantung (Shutterstock)
Seorang pria alami serangan jantung (Shutterstock)

1. Tarik napas dengan suara 'HA'

Ambil oksigen sebanyak-banyaknya melalui mulut, hingga mengheluarkan suara 'HA'. Ini tidak masalah apakah Anda lakukan dengan duduk, baik duduk tegak maupun bersandar, atau bahkan tidur miring.

2. Buang napas dengan suara 'KHU'

Buang napas seperti Anda mencoba untuk batuk dengan suara 'KHU' yang kuat. Namun, Anda harus menarik napas dalam-dalam sebelum menyeluarkan napas dengan suara tersebut. Jika dilakukan secara benar, Anda akan tahu adanya kontraksi.

3. Ulangi

Sangat pnting untuk berlatih metode ini berulang kali sampai gerakannya akan 'terekam' dalam otak. Jadi saat serangan jantung terjadi tubuh akan refleks melakukan gerakan ini sebagai bentuk pertolongan.

Atasi Serangan Jantung dengan Teknik Pernapasan Ini, Bisa Latihan Sendiri! - 2
Ilustrasi berlatih pernapasan (Shutterstock)

Metode ini berfokus pada mendorong oksigen melalui paru-paru. Dengan teknik pernapasan ini, Anda mencoba memaksa jantung untuk memompa lebih banyak darah.

Sederhananya, melakukan latihan ini bisa membantu aliran darah yang kaya oksigen masuk ke jantung. Inilah yang dibutuhkan selama serangan jantung.

Teknik ini menambah tingkat saturasi oksigen darah (SpO2) yang dapat membantu menyelamatkan hidup pasien dalam banyak kasus.

Berita Terkait

Berita Terkini