Info

Perhatikan Pola Makan, Sebab Makanan Dapat Pengaruhi Suasana Hati

Suasana hati ditentukan dari menu makanan hari ini.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makanan antiinflamasi. (unsplash/@brookelark)
Ilustrasi makanan antiinflamasi. (unsplash/@brookelark)

Himedik.com - Saat suasana hati sedang buruk, seseorang dapat menumpahkan emosi dengan berbagai cara, mulai dari marah hingga menangis. Namun tahukah Anda? Suasana hati sendiri rupanya bisa dipengaruhi oleh makanan yang biasa Anda santap.

Sebab menurut penelitian, makan makanan kaya sayuran hijau dan makanan laut bisa membantu mengatur suasana hati.

Seperti dilansir dari WebMD, bahkan ada bidang ilmu disebut psikiatri gizi yang berfokus pada bagaimana diet memengaruhi kesehatan mental Anda .

"Kualitas diet yang lebih baik, tidak peduli dari mana Anda mengukurnya, dikaitkan dengan pengurangan sekitar 30% risiko depresi," kata Felice Jacka, PhD, direktur Pusat Makanan dan Suasana Hati di Deakin University di Australia dan presiden Masyarakat Internasional untuk Penelitian Psikiatri Gizi.

Dia juga menulis buku tentang topik ini, Brain Changer: The Good Mental Health Diet.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Pada bulan September, sebuah analisis dari 26 studi sebelumnya menemukan bahwa psikiatri, bersama dengan mengikuti diet mediterania yang penuh dengan sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan makanan laut dapat meredakan gejala depresi.

Sementara itu, juga ditemukan bahwa orang yang makan lebih banyak daging, susu, dan makanan olahan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami depresi.

Dari 26 studi yang dimasukkan, hanya segelintir yang menunjukkan tidak ada hubungan antara diet dan kesehatan mental. Pun dari percobaan kecil yang dikontrol secara acak dan diterbitkan beberapa minggu yang lalu, menemukan bahwa mahasiswa dengan gejala depresi melihat suasana hati mereka membaik hanya dalam 3 minggu dengan diet yang sama.

Ilustrasi perempuan berteriak saat marah. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan berteriak saat marah. (Shutterstock)

Namun demikian, tak satu pun dari penelitian ini menunjukkan bahwa diet saja dapat menyembuhkan atau mencegah depresi. Konsepnya adalah bahwa meningkatkan serta memperbaiki pola makan memberi Anda fondasi yang kuat untuk penyembuhan, tidak peduli apa pun perawatan yang Anda coba.

"Anda mulai berbicara tentang zucchini, dan orang-orang berpikir itu berarti mereka harus berhenti minum Zoloft (merek obat antidepresan)," kata Drew Ramsey, MD, asisten profesor klinis psikiatri di Columbia University College of Physicians dan pendiri Brain Food Clinic di New York.

"Karena stigma, orang lebih suka tidak minum obat. Mereka membuat lompatan ini bahwa semuanya bisa diubah dengan makanan. Obat harus didiskusikan dengan seorang profesional," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini