Info

Rendam Kaki Pakai Listerine, Ternyata Ini 3 Keuntungannya!

Merendam kaki pakai campuran air dan listerine ternyata bisa memberikan sejumlah manfaat untuk masalah kulit kaki.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi merendam kaki pakai listerine. (Unsplash/@Rune Enstad)
Ilustrasi merendam kaki pakai listerine. (Unsplash/@Rune Enstad)

Himedik.com - Awalnya, Listerine merupakan obat kumur antiseptik untuk perawatan mulut. Tetapi, obat kumur ini juga bisa digunakan untuk merendam kaki dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Dilansir oleh Bright Side, merendam kaki dengan listerine bisa membantu mengatasi berbagai masalah kaki. Anda cukup mencampurkan listerine dengan seember air untuk merendam kaki.

Berikut ini 3 manfaatnya jika rutin merendam kaki menggunakan listerine.

1. Kaki kapalan

Gesekan sepatu saat berjalan bisa menyebabkan kaki kapalan seiring berjalannya waktu. Biasanya, masalah ini bisa diatasi dengan asam salisilat.

Namun, listerine yang mengandung metil salisilat bisa memberikan manfaat yang sama. Karena, listerine dirancang untuk area yang sensitif, seperti mulut.

Ilustrasi kaki (shutterstock)
Ilustrasi kaki (shutterstock)

2. Mencegah infeksi

Listerine sebagai antiseptik juga dirancang untuk mencegah infeksi daripada mengobati. Karena itu, minyak atsiri dalam listerine bisa mencegah jamur pada kuku kaki.

Satu studi menemukan bahwa listerine efektif dalam mencegah infeksi jamur pada orang dengan penyakit autoimun. Meskipun penelitian ini lebih berfokus pada mulut daripada kaki, listerine tidak bisa mengobati luka yang sudah terinfeksi karena bisa membakar luka terbuka.

3. Menghilangkan rasa sakit

Alasan lain merendam kaki dengan listerine bisa membantu meredakan rasa sakit. Karena, listerine mengandung metil salisilat yang juga mirip aspirin. Satu studi menemukan bukti bahwa air rendaman listerine itu sangat berguna untuk menghilangkan nyeri otot.

Berita Terkait

Berita Terkini