Info

Hand Sanitizer Makin Langka, Jurnalis Amerika Bagikan Cara Membuatnya

Salah seorang jurnalis sekaligus penulis 'Big Chicken' membagikan resep membuat hand sanitizer sendiri yang dikutip dari laman ThoughtCo.

Angga Roni Priambodo | Rosiana Chozanah

Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian hingga Pencegahan Penyakit (CDC) AS, hingga Kementerian Kesehatan telah memberi pengumuman cara terbaik melindungi diri dari virus corona Covid-19 adalah dengan mencuci tangan.

Namun apabila sedang tidak dapat melakukannya, masyarakat dapat menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60% hingga 95%.

Sayangnya, sejak Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengumumkan ada dua warga Depok, Jawa Barat, yang positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19), masyarakat menjadi meningkatkan kewaspadaan.

Ini termasuk mulai membeli hand sanitizer di apotek atau pedagang di toko kelontong, hingga membuat persediaan barang ini langka.

Mengetahui ini adalah barang penting, salah seorang jurnalis sekaligus penulis 'Big Chicken' membagikan resep membuat hand sanitizer sendiri yang dikutip dari laman ThoughtCo.

Cara membuat hand sanitizer sendiri (Twitter/MarynMcKenna)
Cara membuat hand sanitizer sendiri (Twitter/MarynMcKenna)

Dilansir laman tersebut, berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hand sanitizer di rumah.

- 2/3 gelas rubbing alcohol (isopropil alkohol) atau etanol
- 1/3 cangkir gel lidah buaya
- 8-10 tetes minyak esensial, opsional (seperti lavender, vanilla, peppermint, grapefruit).
- mangkuk dan sendok
- corong
- botol sabun cair daur ulang atau botol pembersih tangan

Cara membuatnya cukup dengan campur bahan-bahan tersebut dan gunakan corong untuk menuangkannya ke dalam botol.

Laman tersebut memberi tahu bahan aktif dalam resep hand sanitizer ini adalah alkohol, yang setidaknya berkadar 60% agar menjadi disinfektan yang efektif.

Selain menambahkan pewangi pada pembersih tangan Anda, minyak esensial yang Anda pilih juga dapat membantu melindungi Anda dari kuman, klaim laman tersebut.

"Misalnya, minyak thyme dan cengkeh memiliki sifat antimikroba. Jika Anda menggunakan minyak antimikroba, gunakan hanya satu atau dua tetes, karena minyak ini cenderung sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit," tulis laman tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

info

Apa yang Terjadi pada Otak saat Putus Cinta?

Jika Anda merasa sakit fisik atau mengalami "sakit hati" setelah putus cinta, bisa jadi karena otak bereaksi terhadap situasi dengan cara yang sama ketika Anda terluka secara fisik.