Info

Viral Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Apakah Sama Efektifnya?

Sejumlah kelompok membagikan resep cara membuat hand sanitizer sendiri dari rubbing alcohol, minyak esensial, serta gel lidah buaya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Hand sanitizer. (Elenathewise/Getty Images)
Hand sanitizer. (Elenathewise/Getty Images)

Himedik.com - Virus corona yang baru saja terdiagnosis pada dua orang asal Depok, Jawa Barat, pada Senin (2/3/2020) membuat masyarakat panik dan mulai membeli barang yang sekiranya dapat melindungi diri dari virus, yaitu masker dan hand sanitizer.

Itulah sebabnya sekarang ini kedua barang tersebut langka dan, kalau ada pun, harganya dinaikkan.

Sebenarnya, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di negara lain, seperti Kanada, pun mengalami kelangkaan hand sanitizer.

Hal ini membuat sejumlah kelompok membagikan resep cara membuat hand sanitizer sendiri dari rubbing alcohol, minyak esensial, serta gel lidah buaya.

Tapi, apakah hand sanitizer buatan sendiri ini sama efektifnya dengan kemasan?

Menurut seorang ahli pengendalian infeksi dari fakultas kedokteran Universitas Toronto, Alon Vaisman, pembersih tangan ini mungkin efektif untuk mencegah penyebaran virus corona baru jika dibuat secara benar, tetapi itu tidak ideal.

Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)

"Jika dilakukan dengan benar, dilakukan dengan sangat hati-hati, mungkin membantu," katanya, dilansir Global News, Selasa (3/3/2020).

"Tetapi orang mungkin tidak melakukannya secara efektif. Orang mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan dan membuat ramuan yang tidak efektif... dan mungkin mahal untuk mereka," sambungnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memang merekomendasikan pembuatan hand sanitizer, namun ini ditujukan pada orang yang tidak memiliki akses ke produk tingkat medis (langsung), kata Vaisman.

“Misalnya, untuk petugas kesehatan yang memeriksa banyak pasien setiap hari, tidak praktis... atau layak jika mencuci tangan setiap saat. Hand sanitizer adalah cara efektif (menjaga diri agar tetap bersih) yang tidak terlalu memakan waktu," lanjutnya.

Jason Kindrachuk , asisten profesor patogenesis virus di departemen mikrobiologi medis di University of Manitoba, juga setuju.

"Hand sanitizer pasti sangat membantu ketika Anda berada dalam situasi tak menentu dan membutuhkan sesuatu di tempat. Namun, mereka tidak seefektif sabun dan air untuk disinfeksi," jelas Kindrachuk.

Berita Terkait

Berita Terkini

info

Apa yang Terjadi pada Otak saat Putus Cinta?

Jika Anda merasa sakit fisik atau mengalami "sakit hati" setelah putus cinta, bisa jadi karena otak bereaksi terhadap situasi dengan cara yang sama ketika Anda terluka secara fisik.