Info

Tidak Perlu Panik di Tengah Wabah Corona Covid-19, Ini 5 Alasannya

Meski angka kematian terus bertambah setiap hari, pasien yang sembuh virus corona Covid-19 juga makin banyak.

Yasinta Rahmawati

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Dalam waktu kurang dari dua bulan, virus corona Covid-19 telah menyebar ke banyak negara. Tak kurang dari 114 negara telah terjangkit, termasuk Indonesia. 

Achmad Yurianto, juru bicara penanganan Covid-19 mengatakan pada Senin (09/03/2020), total pasien positif virus corona melonjak jadi 19 dari sebelumnya hanya enam. Tujuh dari 19 pasien tersebut adalah imported case.

Ia menuturkan pasien tersebut baru datang dari luar negeri dengan menunjukkan gejala. Setelah dilakukan pemeriksaan baru dinyatakan positif virus corona. Adapun saat ini kondisinya sakit ringan sedang dan stabil.

Tidak bisa ditampik bahwa virus corona Covid-19 mengkhawatirkan banyak pihak. Namun, adalah keliru jika kita terlalu panik dengan perkembangan virus yang terus meluas.

Dilansir dari Medical Express, berikut alasan untuk tetap optimis dan tidak perlu panik di tengah wabah corona Covid-19.

Simulasi penanganan pasien yang terdeteksi Virus Corona di RS Margono Soekarjo Purwokerto. [Suara.com/Anang Firmansyah]
Simulasi penanganan pasien yang terdeteksi Virus Corona di RS Margono Soekarjo Purwokerto. [Suara.com/Anang Firmansyah]

1. Situasi membaik di China
Sebagai pusat terjadinya wabah virus corona Covid-19, tercatat penurunan kasus terinfeksi. Kontrol yang kuat dan langkah-langkah isolasi yang diberlakukan oleh Cina membuahkan hasil. Selama beberapa minggu sekarang, jumlah kasus yang didiagnosis setiap hari menurun.

2. Mayoritas kasus ringan
Penyakit ini tidak menimbulkan gejala atau ringan pada 81% kasus. Tentu saja, dalam 14% sisanya, dapat menyebabkan pneumonia berat dan 5% dapat menjadi kritis atau bahkan fatal. Masih belum jelas berapa angka kematiannya. Baik itu bisa lebih rendah dari beberapa perkiraan sejauh ini.

3. Angka kesembuhan meningkat
Banyak data yang dilaporkan terkait dengan peningkatan jumlah kasus yang dikonfirmasi dan jumlah kematian. Tetapi angka orang terinfeksi yang sembuh pun meningkat. Tercatat 13 kali lebih banyak kasus sembuh daripada kematian dan proporsi itu meningkat.

4. Virus dapat dibersihkan
Virus ini dapat secara efektif dinonaktifkan dari permukaan dengan larutan etanol (62-71% alkohol), hidrogen peroksida (0,5% hidrogen peroksida) atau natrium hipoklorit (0,1% pemutih), hanya dalam satu menit . Sering mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara paling efektif untuk menghindari penularan.

5. Sudah ada prototipe vaksin
Sudah ada lebih dari delapan proyek yang sedang berlangsung mencari vaksin melawan virus corona baru. Ada kelompok yang bekerja pada proyek vaksinasi terhadap virus serupa.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini