Info

Kapan Waktu Tepat Pergi ke Dokter saat Pandemi Virus Corona Covid-19?

Banyak orang mungkin bingung dan ragu mengenai tata cara dan waktu yang tepat untuk konsultasi dokter di tengah wabah virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi dokter menulis - (Pixabay/mufidpwt)
Ilustrasi dokter menulis - (Pixabay/mufidpwt)

Himedik.com - Banyak orang takut berpergian untuk menghindari kontak sosial di tengah wabah virus corona Covid-19. Mungkin banyak juga yang kebingungan ketika ada perlu konsultasi ke dokter masih aman dilakukan atau tidak.

Selama periode jarak sosial ini, ada baiknya Anda menunda janji tidak mendesak dengan dokter atau dokter gigi. Janji tidak mendesak ini termasuk kunjung dokter gigi teratur untuk membersihkan karang gigi atau janji tindak lanjut untuk mengatasi kondisi kronis.

Selain itu dilansir dar Health.harvard.edu, Anda juga harus menunda tes skrinning rutin, seperti mammogram atau tes darah PSA. Apalagi bila Anda termasuk kelompok orang yang paling berisiko terserang penyakit.

Banyak dokter juga telah membatasi kunjungan pasien hanya untuk hal-hal yang mendesak. Jadi, Anda tidak punya pilihan selain menunda kunjungan ke dokter yang tidak mendesak.

Sebagai alternatif, banyak dokter telah menyediakan layanan telehealth. Jadi, pasien bisa mengonsultasikan keluhannya melalui panggilan telepon atau obrolan video.

ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]
ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]

Anda bisa meminta untuk menjadwalkan layanan konsultasi kesehatan melalui panggilan telepon atau video. Jika kondisi kesehatan Anda cukup mendesak, Anda mungkin bisa memikirkan untuk bertemu dengan dokter secara langsung.

Lalu, bagimana jika janji kunjungan dokter Anda tidak mendesak tetapi kondisi kesehatan Anda juga bukan kategori rendah?

Misalnya, dokter telah menyarankan Anda untuk melakukan pemindaian berkala setelah remisi kanker. Dalam kasus ini, Anda bisa menghubungi dokter untuk meminta saran yang tepat.

Sementara itu, baru-baru ini seorang dokter melalui akun Twitter @belindch juga membagikan informasi tentang kunjungan ke dokter gigi. Dalam situasi ini, orang-orang disarankan menunda kunjungan ke dokter gigi jika masalahnya tidak mendesak.

Jika masalah Anda cukup mendesak, seperti perdarahan di mulut yang tidak berhenti, infeksi atau bengkak yang menyebabkan kesulitan bernapas, gigi lepas secara mendadak dan sakit gigi tak terhankan. Maka Anda diperbolehkan mengunjungi dokter gigi.

Berita Terkait

Berita Terkini