Info

Tak Cuma Kurma, 3 Buah Ini Baik Dikonsumsi selama Bulan Puasa!

Meski bulan Ramadan identik dengan kurma, buah berikut juga baik disantap saat berbuka maupun sahur.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kurma. (pixabay)
Ilustrasi kurma. (pixabay)

Himedik.com - Saat bulan Ramadan, kurma adalah buah yang selalu ada ketika buka puasa. Banyak pula orang yang mengonsumsi kurma ketika sahur. Karena, mereka memercayai kurma bisa membuat tubuh lebih kuat menjalani ibadah puasa.

Tetapi, kurma bukanlah satu-satunya buah yang baik dikonsumsi selama puasa. Ada pula buah-buahan lain yang bisa Anda konsumsi saat puasa, seperti nanas, pepaya, semangka, kenari hingga almond.

Menurut Luke dilansir oleh NDTV, semua itu merupakan makanan bioaktif yang bisa memetabolisme tubuh dan memberikan manfaat kesehatan.

Berikut ini manfaat kesehatan dari mengonsumsi 3 buah-buah selain kurma saat puasa.

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Buah ini mengandung enzim pencernaan yang dikenal sebagai papain untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, meningkatkan pencernaan, menyembuhkan luka dan mengurangi nyeri otot. Buah pepaya ini baik untuk penderita diabetes dan membantu meredakan nyeri haid.

Ilustrasi buah pepaya yang diimpor dari Meksiko (Pixabay/3centista)
Ilustrasi buah pepaya yang diimpor dari Meksiko (Pixabay/3centista)

2. Semangka

Semangka masuk dalam kategori makanan yang menghidrasi sehingga bisa mencegah dehidrasi selama puasa. Semangka juga buah rendah kalori yang bagus dimasukkan dalam menu diet.

Selain itu, buah semangkan juga bagus dikonsumsi saat musim panas dan kaya akan vitamin A, B6 serta C. Buah ini juga memiliki likopen dan asam amino yang membantu Anda memiliki kulit sehat dan kekebalan tubuh kuat.

3. Nanas

Buah nanas mengandung vitamin C, B6, mangan, serat, zat besi, riboflavin, folat, tiamin, kalium, magnesium dan asam pantotenat. Makan nanas untuk berbuka puasa bisa membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan dan gejala radang sendi.

Berita Terkait

Berita Terkini