Info

WHO Sebut Penyandang Disabilitas Rentan Terinfeksi Virus Corona Covid-19

WHO mengatakan penyandang disabilitas rentan terinfeksi virus corona Covid-19 karena beberapa kondisi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi disabilitas. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi disabilitas. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 diketahui rentan menyerang golongan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti orang dengan riwayat penyakit kronis hingga lansia. Tetapi, banyak orang mungkin belum memahami kalau penyandang disabilitas termasuk golongan berisiko terinfeksi virus corona Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan peyandang disabilitas berisiko lebih besar terinfeksi virus corona Covid-19, tergantung pada kondisi kesehatannya. Bahkan mereka juga mungkin berisiko mengalami infeksi virus lebih parah.

Adapun beberapa alasan penyandang disabilitas berisiko terinfeksi virus corona Covid-19, antara lain:

1. Hambatan fisik untuk mengakses fasilitas kebersihan
2. Harus menyentuh banyak benda umum
3. Kesulitan dalam menjaga jarak fisik
4. Kesulitan mengakses informasi

Penyandang disabilitas brisiko terinfeksi virus corona Covid-19 (Twitter/@WHOIndonesia)
Penyandang disabilitas brisiko terinfeksi virus corona Covid-19 (Twitter/@WHOIndonesia)

Sementara itu, penyandang disabilitas berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 lebih parah karena virus ini bisa memperburuk masalah kesehatan yang pernah dimilikinya.

Adapun masalah kesehatan yang bisa memperburuk kondisi penyanda disabilitas, seperti masalah saluran pernapasan, diabetes, penyakit jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Meski begitu, penyandang disabilitas masih bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi risikonya terinfeksi virus corona Covid-19, antara lain:

1. Menghindari keramaian yang memungkinkan penularan virus
2. Bekerja dari rumah
3. Jangan lupa mendisinfektan alat-alat penunjang yang digunakan seperti kursi roda, tongkat dan lainnya
4. Kumpulkan benda-benda penting ke dalam satu tempat

Ilustrasi disabilitas
Ilustrasi disabilitas (shutterstock)

Selain itu, penyandang disabilitas pasti juga membutuhkan dukungan dari orang di sekitarnya. Salah satunya, semua orang perlu mengganggap bahwa virus corona Covid-19 ini sebagai sesuatu hal yang serius.

Walaupun Anda bukan golongan berisiko, sadarilah bahwa Anda bisa menularkan virus ke orang lain yang berisiko tinggi. Karena itu, ikuti tindakan pencegahan penularan virus corona Covid-19 dari WHO.

Sedangkan, pemerintah harus memastikan bahwa penyandang disabilitas masuk dalam kategori yang dipertimbangkan pemerintah ketika berupaya melawan virus corona Covid-19.

Penyandang disabilitas juga masih memiliki hak untuk mengakses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan, sama halnya dengan orang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini