Info

Vitamin D dan Depresi Berkaitan Erat, Begini Penjelasannya!

Vitamin D secara tidak langsung memengaruhi suasana hati kita.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)

Himedik.com - Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang, otak dan jantung. Tak hanya itu, vitamin ini juga berkaitan dengan suasana hati kita.

Faktanya, ada bukti yang menunjukkan kekurangan kadar vitamin D berhubungan dengan depresi. Namun, bukan berarti mendapatkan lebih banyak jenis vitamin ini saja dapat mencegah atau mengobati depresi.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang hubungan vitamin D dan depresi, dilansir dari Insider.

Kekurangan vitamin D dan depresi

Ada ulasan 13 studi pada lebih dari 31.000 responden menemukan mereka yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih tinggi mengalami depresi.

"Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan depresi mayor dan minor, serta gangguan suasana hati atau mood dan penurunan kognitif yang lebih cepat," kata Robin Forountan, MS, RDN, HHC, ahli nutrisi kedokteran integratif dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

Cara Berjemur yang Benar saat Pandemi Corona
Cara Berjemur yang Benar saat Pandemi Corona (Shutterstock)

Rendahnya kadar vitamin D dapat merusak fungsi kognitif seseorang karena ada reseptor vitamin D di area otak yang bertanggung jawab untuk suasana hati dan perilaku, termasuk perkembangan depresi.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 600 hingga 800 satuan internasional (IU) vitamin D sehari. Sebagai referensi, satu porsi salmon mengandung sekitar 400 IU.

Namun, beberapa makanan secara alami mengandung cukup vitamin D untuk mendapatkan dosis harian.

Cara paling umum untuk mendapatkannya adalah melalui sinar matahari, karena vitamin D disintesis oleh kulit sebagai respons terhadap sinar ultraviolet.

Anda harus mencoba berjemur selama 15 menit antara jam 10 pagi dan tiga sore, tiga kali seminggu, untuk mendapatkan vitamin D yang cukup.

Berita Terkait

Berita Terkini