Info

China Berhasil Kembangkan Vaksin Covid-19, Kini dalam Tahap Uji Klinis 2!

Calon vaksin Covid-19 ini disebut sudah diuji pada 100 lebih orang di China.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Pixabay)

Himedik.com - Sebuah vaksin Covid-19 potensial, disebut-sebut sedang dikembangkan oleh China. Vaksin ini tampaknya aman dan mampu menghasilkan respon kekebalan setelah dilakukan percobaan awal pada lebih dari 100 orang.

Vaksin yang dinamai Ad5-nCoV ini sedang dikembangkan oleh perusahaan China CanSino Biologics, dan merupakan salah satu vaksin virus Covid-19 pertama yang memasuki uji coba klinis pada manusia awal Maret.

Sekarang, ada lebih dari 100 vaksin virus corona berbeda dalam pengembangan di seluruh dunia, dengan setidaknya 8 di antaranya dalam proses uji coba terhadap manusia.

Ad5-nCoV mernggunakan versi virus flu biasa (adenovirus) yang dilemahkan. Virus ini akan menginfeksi sel manusia tetapi tidak akan menyebabkan penyakit. Vaksin akan mengirimkan fragmen materi genetik dari SARS-CoV-2.

Materi genetik ini memberikan instruksi untuk membuat lonjakan protein di permukaan SARS-CoV-2.

Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)
Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Idenya adalah bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang akan menciptakan antibodi terhadap lonjakan protein dari virus, yang akan membantu melawan virus corona jika orang tersebut terinfeksi di lain waktu.

Dalam studi baru ini, yang terbit pada Jumat (22/5/2020) dalam jurnal The Lancet, para peneliti menguji Ad5-nCoV pada 108 orang sehat berusia 18 hingga 60 tahun yang belum terinfeksi Covid-19. Peserta menerima dosis vaksin rendah, menengah atau tinggi.

Dilansir dari Live Science, dua minggu setelah vaksinasi, peserta dalam ketiga kelompok menunjukkan beberapa tingkat tanggapan kekebalan terhadap virus.

Pada 28 hari, hampir semua peserta telah mengembangkan antibodi yang terikat pada SARS-CoV-2. Sekitar setengah dari mereka dalam kelompok dosis rendah, menengah dan tiga perempat peserta kelompok dosis tinggi mengembangkan 'antibodi penawar', yang mengikat dan menonaktifkan virus agar mereka tidak menginfeksi sel.

Efek samping yang paling umum adalah nyeri ringan di tempat suntikan, demam ringan, kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot, kata studi itu.

Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Namun, sembilan peserta (dua dalam kelompok dosis rendah, dua pada kelompok dosis menengah dan lima pada kelompok dosis tinggi) menderita demam lebih dari 38,5 derajat Celcius, dan satu peserta dari kelompok dosis tinggi mengalami demam tinggi disertai kelelahan, sesak napas, dan nyeri otot. Efek ini berlangsung tidak lebih dari 48 jam.

"Hasil ini merupakan tonggak penting," kata penulis senior studi Wei Chen dari Institut Bioteknologi Beijing di Beijing, China.

"Namun, hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati. Tantangan dalam pengembangan vaksin Covid-19 belum terjadi sebelumnya, dan kemampuan untuk memicu tanggapan kekebalan ini tidak selalu menunjukkan bahwa vaksin akan melindungi manusia dari Covid-19," sambungnya.

Para peneliti sekarang telah memulai studi tahap 2 yang melibatkan 500 peserta. Mereka akan diberikan dosis rendah, menengah dan plasebo. Studi ini juga akan mencakup peserta berusia di atas 60 tahun dan akan melihat efek samping hingga enam bulan setelah vaksinasi.

Berita Terkait

Berita Terkini