Info

Kaya Serat, 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi makanan kaya serat juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Yasinta Rahmawati

Sayuran tinggi serat. (pixabay/congerdesign)
Sayuran tinggi serat. (pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Mengonsumsi makanan kaya serat sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya itu, serat juga dapat mendukung kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan kaya serat bisa membantu menurunkan berat badan dan menurunkan beberapa risiko penyakit seperti diabetes, jantung dan kanker.

Selain itu, serat juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, kadar kolesterol, kesehatan pembuluh darah, dan kesehatan mikrobiota usus.

Dikutip dari Asia One, ada 5 makanan kaya serat yang bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, antara lain:

1. Biji chia

Dalam satu sendok makan biji chia mengandung 5 gram serat. Cara mengonsumsinya pun mudah dan bisa ditambahkan dalam makanan apapun, karena biji chia akan mengembang dalam cairan seperti air dan susu.

2. Almond

Semua kacang-kacangan mengandung serat, dan kacang almond punya jumlah yang paling tinggi. Sebanyak 32 gram atau 23 kacang almond mengandung 3,5 gram serat.

Ilustrasi kacang almond kaya serat baik untuk kesehatan jantung. (Shutterstock)
Ilustrasi kacang almond kaya serat baik untuk kesehatan jantung. (Shutterstock)

Selain serat, almond juga tinggi akan lemak tak jenuh dan antioksidan yang bisa melindungi jantung Anda, serta protein yang membantu Anda tetap kenyang, bisa jadi cemilan yang baik dan sehat.

3. Oatmeal

Sebanyak 64 gram oatmeal mengandung 4 gram serat. Anda bisa mengonsumsinya dengan merendamnya semalaman menggunakan susu atau yogurt.

Selain oatmeal, Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum. Dua iris roti gandum mengandung 3-4 gram. Keduanya bisa menjadi pilihan sarapan yang baik karena kandungan seratnya membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah ngemil.

Makan Buah-buahan Mampu Menghilangkan Bau Badan [pxhere]
Makan Buah-buahan kaya serat. pxhere]

4. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pisang, anggur, pir, jeruk, dan stroberi memiliki 3-4 gram serat per porsi. Konsumsi buah lebih baik saat sarapan dan setelah makan malam.

5. Sayur-sayuran

Hampir semua sayuran mengandung lebih dari 2 gram serat per 128 gram. Konsumsilah sayuran tinggi serat seperti kembang kol, brokoli, kubis, dan terong.

Anda bisa mengonsumsi sayuran apa saja dan kapan saja untuk menambah serat ke dalam tubuh. Konsumsi minimal dua porsi dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan serat.

Berita Terkait

Berita Terkini