Info

Cobalah Berenang 3-5 Kali Seminggu, 5 Hal Ini akan Terjadi pada Tubuh!

Berenang adalah salah satu olahraga air yang memiliki manfaat baik bila dilakukan secara rutin.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berenang - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi berenang - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Berenang merupakan salah satu olahraga air yang menyehatkan tubuh dan membantu memiliki jiwa yang tenang. Sebab berenang juga bisa membantu orang mengatasi depresi.

Berenang mampu membantu seseorang melepaskan endorfin yang bisa memicu perasaan positif. Tapi bukan hanya itu manfaat kesehatan dari berenang. Berikut ini dilansir dari Bright Side, manfaat berenang rutin sebanyak 3-5 kali seminggu.

1. Memperkuat kesehatan paru-paru

Berenang teratur bisa menjadi cara terbaik untuk memperkuat paru-paru. Faktanya, penelitian ini memberi tahu kita bahwa berenang memiliki kelebihan dibandingkan yoga dalam meningkatkan fungsi paru-paru. Karena, berenang mampu meningkatkan elastisitas otot paru-paru.

Ilustrasi paru-paru (shutterstock)
Ilustrasi paru-paru (shutterstock)

2. Memperkuat sendi

Karena berenang bisa membantu mengontrol berat badan sebanyak 90 persen. Jenis olahraga air ini juga baik untuk mengatasi nyeri sendi akibat artritis. Artinya, berenang teratur bisa membantu untuk mengurangi risiko artritis yang memburuk dengan melatih otot-otot secara teratur dan menjaga otot-otot di sekitar persendian.

3. Menunda penuaan

Menurut sebuah penelitian, berenang sebanyak 3 hingga 5 kali seminggu bisa membantu menunda penuaan. Studi ini mengatakan penuaan bisa lebih melambat, karena kekuatan otot seseorang ketika berenang. Adapun bagian terpenting dari proses penuaan dan penurunan kesehatan fisik.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Berenang juga bisa membantu menenangkan pikiran agar tidur lebih nyenyak. Karena, berenang telah dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengatasi insomnia.

5. Menghilangkan lemak tubuh

Berenang 3 kali seminggu bisa menjadi cara paling efektif untuk membakar kalori ekstra sekaligus memperkuat otot. Berenang membantu Anda membakar 500 kalori dalam 30 menit. Artinya, berenang bisa membakar kalori 2 kali lipat lebih banyak daripada berjalan.

Berita Terkait

Berita Terkini