Info

Ke Salon saat Pandemi Covid-19? Terapkan 4 Langkah Perlindungan Diri Ini

Anda perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan agar tak tertular virus corona Covid-19 di salon.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi salon, potong rambut. (Pixabay)
Ilustrasi salon, potong rambut. (Pixabay)

Himedik.com - Selama pandemi Covid-19 belum usai dan vaksin masih belum ditemukan, semua orang tetap disarankan untuk menjaga jarak sosial dan memakai masker. Lalu, bagaimana bila seseorang ingin pergi ke salon untuk perawatan rambut? 

"Saya ingin sekali merawat rambut yang sudah ubanan. Tapi, saya juga khawatir dengan ancaman kesehatannya," kata Danielle Ompad, seorang profesor NYU dan ahli epidemiologi penyakit menular dikutip dari New York Post.

Danielle Ompad berpendapat bahwa seseorang perlu menunggu waktu yang cukup lama untuk perawatan rambut, meskipun mereka bisa pergi ke Salon ketika aturan pembatasan sosial sudah dilonggarkan.

Terlebih, bila Anda ingin melakukan perawatan yang membutuhkan tatap muka, seperti facial dan manikur, Anda perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan agar tak tertular virus corona Covid-19.

Ilustrasi salon kuku
Ilustrasi salon kuku (shutterstock)

1. Hubungi salon yang ingin dituju

Pastikan rumah perawatan atau salon yang Anda pilih melakukan protokol kesehatan yang telah disarankan para ahli. Pihak salon selalu mendisinfeksi area yang sering sentuh dan tidak menerima banyak klien agar semua orang masih bisa menjaga jarak sosial.

Danielle menyarankan Anda untuk menelepon dan mangatur janji terlebih dahulu, sebelum mendatangi rumah perawatan.

Pastikan pula semua pekerja selalu menjaga kebersihan dan memakai sarung tangan ketika melayani pelangganya. Anda juga perlu menanyakan cara pihak salon menjaga jarak dengan pelanggannya dan mengurangi penyebaran virus.

2. Pakai masker selama perawatan

Masker wajah adalah kunci untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Sehingga Anda perlu menggunakannya selama perawatan di salon.

Tapi, Danielle menyarankan Anda melepas masker dan beristirahat sejenak ketika melakukan perawatan yang cukup lama hingga masker berkeringat.

"Kamu bisa melepas masker ketika pergi ke belakang atau tempat yang tidak banyak orang. Pastikan orang tidak mendekati Anda ketika melepas masker," kata Danielle.

Anda juga bisa meminta pihak salon untuk menyalakan AC dan membiarkan jendela serta pintu terbuka untuk menjaga sirkulasi udara lancar.

Ilustrasi salon, potong rambut. (Pixabay)
Ilustrasi salon, potong rambut. (Pixabay)

 

3. Hindari tempat yang banyak orang menunggu dan minuman

Beberapa salon mungkin menyediakan ruang tunggu lengkap dengan minuman dan cemilan khusus pelanggan. Tetapi, ada baiknya Anda menghindari area itu untuk mencegah penularan virus corona.

Ada baiknya Anda membawa majalah, minum dan cemilan sendiri daripada mengonsumsi yang telah disediakan. Jangan lupa selalu mencui tangan setelah menyentuh apapun.

4. Jangan pergi ke salon jika kondisi tidak baik

Anda jangan pernah pergi ke salon untuk perawatan jika kondisi kesehatan sedang tidak baik. Bila Anda batuk atau bersin, tentu hal itu akan menimbulkan kekhawatiran bagi pekerja salon maupun tamu yang lain.

Anda harus jujur dengan kondisi kesehatan yang sebenarnya dan buatlah janji di lain hari jika kondisi tidak baik. Jangan pernah membahayakan kesehatan pekerja salon yang melayani banyak orang setiap harinya.

Berita Terkait

Berita Terkini