Info

Meski Lezat, Empat Makanan Enak Ini Disebut Bisa Merusak Suasana Hati!

Makanan enak memang sering kali bisa merangsang suasana hati, tetapi dapat menurunkan mood setelahnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)
Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)

Himedik.com - Beberapa makanan memang sering dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, tetapi  makanan lain ternyata juga bisa menurunkan mood Anda. Biasanya makanan-makanan manis akan menyebabkan lonjakan gula dan meningkatkan suasana hati. Efeknya kemudian bisa memicu lesu, kecemasan dan lekas marah saat lonjakan gula menurun.

"Konsumsi makanan berlebih dan tinggi gula secara berlebihan dapat memengaruhi suasana hati secara negatif, tetapi makan hanya satu kue dapat memberikan kesenangan dan kenyamanan bagi beberapa orang," kata Claudia Smith, terapis nutrisi di Inggris pada Huffpost

Dilansir dari Huffpost, berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan mood atau merusak suasana hati Anda.

1. Soda
Soda mengandung gula yang bisa diserap tubuh dengan cepat, sehingga menyebabkan lonjakan gula diikuti oleh kelesuan yang parah. Tetapi mengganti soda Anda dengan soda rendah gula juga bukan solusi. Sebab pemanis seperti aspartam yang terdapat dalam soda sering dikaitkan dengan risiko kecemasan dan depresi. 

Satu studi tahun 2014 menunjukkan hubungan antara minuman manis dan depresi di antara orang dewasa yang lebih tua. Air dan teh adalah alternatif minuman yang lebih baik dari minuman lainnya.

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

2. Kafein

Tai Ibitoye, seorang ahli diet merekomendasikan untuk minum lebih sedikit kopi dan teh yang berkafein dengan kopi tanpa kafein.

Menurut Medical Daily, minuman berkafein seperti kopi menyebabkan otak melepaskan dopamin dan serotonin. Minuman ini baik-baik saja dalam dosis kecil, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan iritabilitas, agitasi, dan kecemasan.

Meski Lezat, Empat Makanan Enak Ini Disebut Bisa Merusak Suasana Hati! - 2


3. Makanan Panggang
Makanan panggang seperti biskuit dan kue bisa memperburuk suasana hati karena gula di dalamnya bisa dengan cepat terurai menjadi glukosa dan dapat memicu lonjakan dan kehancuran gula darah. 

Berita baiknya adalah bahwa mengurangi asupan makanan yang dipanggang dapat menghasilkan peningkatan mood yang cepat.

"Cobalah mengurangi konsumsi gula seperti kue, biskuit, minuman manis atau pemanis selama beberapa hari dan perhatikan bagaimana perasaan Anda," kata Smith. 

"Efek menguntungkan seringkali dapat dirasakan dengan sangat cepat, bahkan dalam beberapa hari," tambahnya

4. Kentang Goreng

Kentang goreng penuh lemak jenuh, karbohidrat olahan dan garam berlebih. Ini adalah resep yang membuat lonjakan dan tabrakan energi. Hal tersebut bisa berakibat buruk  pada suasana hati dan kelelahan.

Berita Terkait

Berita Terkini