Info

Cegah Penularan Virus Corona di Kamar Mandi Umum, Terapkan Langkah Ini!

Kamar mandi umum bisa menjadi tempat penularan virus corona Covid-19 dan angka kasus melonjak drastis.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kamar mandi (Pixabay/WarrenMae)
Ilustrasi kamar mandi (Pixabay/WarrenMae)

Himedik.com - Banyak orang sudah beraktivitas normal dan menggunakan fasilitas publik, meski pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Karena itu, semua orang perlu tetap waspada terkait penularan virus corona.

Penggunaan fasilitas publik ini perlu diperhatikan, terutama kamar mandi umum. Sebab, kemar mandi umum bisa menjadi tempat penularan virus corona Covid-19.

Umumnya, kamar mandi memiliki ventilasi yang buruk dan banyak virus yang bertaburan di udara arau aerosol.

Charles Haas, seorang profesor teknik lingkungan di Drexel University pun telah meneliti cara organisme menular berperilaku di berbeda di setiap ruangan.

Ruangan dengan ventilasi buruk bisa meningkatkan risiko penularan virus corona. Karena, virus akan lebih terkonsentrasi di ruangan kecil, sempit dan tertutup.

Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]

Oleh sebab itu, kamar mandi termasuk salah satu tempat yang bisa menularan virus lebih cepat dan mudah. Apalagi banyak orang suka berkumpul di kamar mandi, berbicara satu sama lain dan bermain ponsel.

"Ketika seseorang berbicara di kamar mandi, mereka akan mengeluarkan aerosol yang berpotensi menularan virusnya ke orang lain. Jika Anda tidak menunjukkan gejala, tapi Anda masih bisa menginfeksi orang di sekitar," jelas Charles dikutip dari NWTimes.

Selain itu, Anda perlu mengingat bahwa virus corona tidak hanya bertahan hidup di saluran pernapasan, tetapi juga bisa dipermukaan padat seperti bangku.

Dr Jen Caudle, seorang dokter keluarga dan profesor di Universitas Rowan, juga mengatakan kekuatan flash pada toilet juga memengaruhi penyebaran virus melalui aerosol. Karena itu, Anda perlu menutup dudukan toilet sebelum menekan flush.

Kebersihan yang tepat juga salah satu bentuk pencegahan penularan virus corona Covid-19 di toilet.

Menurut penelitian dalam jurnal Physics of Fluids, flush toilet bisa menyebarkan tetesan partikel kecil kotoran dan virus ke udara yang bisa naik setinggi 3 kaki. Partikel kecil ini bisa bertahan di udara cukup lama dan bisa menginfeksi orang lain yang akan masuk ke toilet.

Bahkan partikel kecil yang terbang ke udara ini bisa menempel di wastafel, gagang pintu, tempat tisu, keran dan permukaan lain.

Karena itu, tetap gunakan masker sepanjang waktu (termasuk di toilet), jaga jarak sosial, rutin cuci tangan, jangan asal menyentuh permukaan dan jangan berlama-lama di dalam kamar mandi.

Berita Terkait

Berita Terkini