Info

Awas, Cegukan Berhari-hari Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19!

Dokter mengungkapkan cegukan tanpa henti hingga berlangsung beberapa hari bisa menjadi gejala virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi cegukan. (Shutterstock)
Ilustrasi cegukan. (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 umumnya berupa batuk persisten, demam tinggi dan sesak napas. Tapi, virus mematikan ini juga bisa menginfeksi setiap orang dengan cara berbeda.

Beberapa orang bisa mengalami gejala lain dari virus corona Covid-19, seperti kehilangan indera perasa dan penciuman, gatal-gatal, ruam di mulut, dan lainnya.

Kini, dokter pun memeringatkan cegukan terus-menerus bisa menjadi gejala virus corona Covid-19. Gejala ringan itulah yang bisa membuat seseorang sering mengabaikannya.

Menurut dokter di Cook County Health, Chicago Illinois, cegukan persisten bisa menjadi tanda aneh virus corona Covid-19. Mereka mengatakan pernah merawat seorang pria yang datang ke rumah sakit setelah mengalami cegukan selama empat hari.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Namun, pria itu tidak menunjukkan gejala umum virus corona Covid-19. Bahkan hasil tes medis lainnya juga tidak menemukan penyebabnya.

"Seorang pria usia 62 tahun tanpa riwayat penyakit kronis dan paru-paru datang ke Departemen Darurat dengan cegukan selama empat hari berturut-turut," jelas dokter dikutip dari Express.

Selain cegukan episodik, pemeriksaan fisik lainnya juga tak menunjukkan adanya masalah. Sepengetahuan mereka, itu adalah laporan kasus pertama dari cegukan terus-menerus seperti yang dikeluhkan pada pasien positif Covid-19 dalam literatur pengobatan darurat.

"Dokter harus memahami perbedaan infeksi virus corona Covid-19 pada setiap manusia. Karena, banyak kasus yang mengalami kondisi tidak biasa," jelas mereka.

Tapi, Anda juga bukan berarti positif virus corona Covid-19 bila mengalami cegukan dalam waktu lama. Umumnya, orang mengalami cegukan hanya dalam beberapa menit.

Tak ada penyebab khusus yang bisa membuat orang mengalami cegukan. Kondisi ini bisa terjadi bila dipicu stres, makan atau minuman tertentu.

Namun, Anda perlu konsultasi dengan dokter bila mengalami cegukan lebih dari 48 jam atau ketika kondisi itu sering kambuh kembali.

Sementara itu, orang yang merasa panas saat disentuh di dada atau punggung juga bisa menunjukkan gejala awal virus corona Covid-19.

Hal serupa juga perlu dilakukan oleh orang yang mengalami batuk selama lebih dari 24 jam. Mereka harus mengisolasi diri untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

Saat ini jumlah kasus virus corona Covid-19 sudah mencapai 19 juta orang secara global. Lebih dari 700 ribu orang sudah meninggal dunia akibat virus mematikan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini