Info

Meski Tunjukkan Harapan, Ahli Ragukan Efektivitas Terapi Plasma Darah

Para ahli mengungkapkan keprihatinan atas data yang dihasilkan sejauh ini mengenai pengobatan terapi plasma.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi transfusi plasma darah. (Pixabay)
Ilustrasi transfusi plasma darah. (Pixabay)

Himedik.com - Sejauh ini, terapi plasma darah disebut dapat menjadi perawatan yang efektif untuk pasien Covid-19. Mereka yang menjalani terapi plasma dilaporkan mengalami perbaikan kondisi.

Namun demikian, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menunda persetujuan darurat mereka terkait penggunaan terapi plasma.

Seperti diberitakan The New York Times, dikatakan bahwa Anthony Fauci dan para pemimpin di Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, menyuarakan keraguan mereka terhadap plasma darah sebagai pengobatan yang menyelamatkan jiwa pasien Covid-19.

Mereka mengungkapkan keprihatinan atas data yang dihasilkan sejauh ini mengenai pengobatan terapi plasma.

Dilansir dari Medical Daily, Mayo Clinic merilis data pada 35.322 orang yang dirawat dalam uji coba terapi plasma. Meskipun data awal menunjukkan beberapa manfaat plasma dalam waktu tiga hari setelah infeksi, hal itu tetap menimbulkan kekhawatiran.

Sebab tiga hari adalah waktu yang sangat kecil untuk membawa plasma ke pasien dan plasma darah tidak dapat diproduksi, itu harus disumbangkan dari seseorang yang sembuh sendiri dari kasus Covid-19.

Sebagai perumpamaan, darah manusia itu seperti sup. Saat semua potongan besar dalam sup disaring, yang tersisa adalah kaldu yang kaya.

Dalam darah, kaldu ini adalah plasma dan diduga mengandung antibodi Covid-19 yang mungkin menyelamatkan jiwa. Setelah Anda terserang virus tertentu, tubuh Anda menyimpan ingatan tentang penyakit tersebut untuk membantu melawannya lagi.

Ingatan ini adalah antibodi. Teori mengenai plasma darah adalah bahwa memberikan pasien saat ini sup antibodi dari orang yang telah sembuh akan memungkinkan plasma menipu tubuh untuk melawan virus.

Ada juga masalah yang lebih besar terkait terapi plasma. Sebagian besar uji coba plasma tidak memiliki kontrol. Dalam eksperimen ilmiah dan uji coba medis, kontrol adalah bagian penting untuk membuktikan hipotesis.

Meskipun FDA menunda otorisasi penggunaan darurat, bukan berarti bahwa terapi plasma tidak lagi tersedia. Otorisasi akan membuat penggunaan plasma lebih mudah, tetapi dokter masih dapat merawat pasien mereka dengan plasma jika mereka bisa mendapatkannya, karena kami menunggu lebih banyak data.

Berita Terkait

Berita Terkini