Info

Jarang Ada yang Tahu, Ini Manfaat Susu Kambing Dibanding Susu Sapi

Susu kambing memiliki protein dan kalsium lebih tinggi daripada susu sapi.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi susu (Shutterstock)
Ilustrasi susu (Shutterstock)

Himedik.com - Dibanding susu sapi, susu kambing memang jarang dikonsumsi. Namun, ada sejumlah manfaat susu kambing yang sebenarnya bagus untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan Health Line, susu kambing dinilai lebih baik dibanding susu sapi, terutama dalam protein dan kalsium.

Susu kambing mengandung 9 gram protein, sedangkan susu sapi hanya 8 gram. Masing-masing kalsiumnya adalah 330 gram versus 275 hingga 300 gram.

Sebuah penelitian menunjukkan susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi penting dari makanan lain. Sebaliknya, susu sapi diketahui mengganggu penyerapan mineral utama seperti zat besi dan tembaga.

Alasan lain mengapa beberapa orang memilih susu kambing daripada susu sapi berkaitan dengan daya cerna.

Ilustrasi susu. (Shutterstock)
Ilustrasi susu. (Shutterstock)

Semua susu hewani mengandung beberapa laktosa (gula susu alami), yang beberapa orang, seiring bertambahnya usia, kehilangan kemampuan untuk mencernanya. Namun, susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, sekitar 12 lebih rendah per cangkirnya.

Oleh karenanya, orang yang intoleransi laktosa ringan mungkin menganggap produk susu kambing kurang menganggu pencernaan mereka daripada susu sapi.

Dalam hal kesehatan pencernaan, susu kambing memiliki kandungan yang mengungguli susu sapi, yaitu karbohidrat 'prebiotik' yang lebih tinggi. Ini membantu menyehatkan bakteri menguntungkan di usus.

Karbohidrat ini disebut oligosakarida, jenis karbohidrat yang sama dengan yang ada dalam ASI dan bertanggung jawab dalam 'mendukung' bakteri baik di saluran pencernaan bayi.

Berita Terkait

Berita Terkini