Info

Waspada, Tidur Siang Satu Jam atau Lebih Malah Berbahaya untuk Jantung

Bukannya baik, tidur siang kelamaan malah bisa berefek pada kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Tidur siang (chopra)
Tidur siang (chopra)

Himedik.com - Sebuah studi dari China menunjukkan bahwa tidur siang terlalu lama malah bisa berbahaya bagi kesehatan jantung. Temuan ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology.

Melansir dari Insider, para peneliti dari Universitas Kedokteran Guangzhou China mengamati 20 penelitian sebelumnya mengenai tidur siang, penyakit jantung, dan risiko kematian. Data yang dikumpulkan berasal dari 313.651 peserta di mana sepertiga di antaranya atau 39 persen melaporkan tidur siang secara teratur.

Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur siang dalam durasi berapapun meningkatkan risiko kematian seseorang sebesar 19 persen. Hal ini disebabkan karena peserta menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam nyenyak yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

"Orang yang tidur siang selama 60 menit atau lebih, memiliki risiko tertinggi," catat para peneliti.

Tidur siang (melbournemindfulnessfoundation)
Tidur siang (melbournemindfulnessfoundation)

 

Menurut penelitian, orang-orang dengan tidur siang 60 menit atau lebih bisa meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 30 persen dan meningkatkan penyakit jantung sebanyak 34 persen.

"Temuan penelitian ini didasarkan pada penelitian yang ada dan menunjukkan bahwa tidur siang yang lama dapat menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes," kata penulis utama studi Dr. Zhe Pan.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa tidur siang dengan durasi lebih sebentar dapat meningkatkan kesehatan jantung bagi orang yang kurang tidur. Temuan tersebut menujukkan bahwa tidur siang yang singkat dalam rentang 30 hingga 45 menit dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang yang lebih singkat dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari.

Berita Terkait

Berita Terkini