Info

Harus Naik Kereta selama Pandemi? Bagini Cara agar Tetap Aman

Banyak penemuan yang menunjukkan bahwa naik kereta cenderung aman, asal melakukan berbagai hal berikut!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kereta bawah tanah. (pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi kereta bawah tanah. (pixabay/Engin_Akyurt)

Himedik.com - Naik kereta api bawah tanah atau kereta api biasa mungkin jadi transportasi umum yang cukup aman. Dalam hal ini, Badan Kesehatan Masyarakat Nasional Prancis, Santé Publique France hanya mengidentifikasi empat kelompok Covid-19 di Paris yang terkait dengan transportasi umum. 

Demikian pula, para peneliti di Jepang yang tidak menemukan kluster terkait dengan kereta komuter negara tersebut. Namun bagaimanapun tindakan preventif untuk menghindari penularan di kereta tetap harus dijalankan. 

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa langkah yang perlu dikakukan untuk menurunkan risiko penularan di kereta, antara lain: 

Pakai Masker

Kenakan masker yang nyaman setiap saat berada di tempat publik.  

“Kita tahu bahwa virus itu menyebar melalui tetesan dari mulut atau hidung seseorang ke mulut atau hidung orang lain. Itulah mengapa panduan kesehatan masyarakat tentang penutup wajah atau masker sangat penting," kata Paul S. Pottinger, MD, seorang dokter penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di Seattle.

"Masker mengurangi penularan tetesan dari satu orang dan melindungi orang berikutnya yang memakai masker," imbuhnya.

Penting bagi Anda untuk memastikan bawa masker yang Anda kenakan pas dan nyaman. “Jika masker tidak nyaman, Anda akan tergoda untuk memainkan atau menyentuhnya,” kata Pottinger.

Ilustrasi menggunakan masker di tempat umum.[Pexels/Anna Shvets]
Ilustrasi menggunakan masker di tempat umum.[Pexels/Anna Shvets]

Tetap Jaga Jarak 

Jaga jarak setidaknya enam kaki atau dua meter antara Anda dan orang lain baik saat menunggu di peron atau di dalam kereta itu sendiri. “Ini harus dilakukan apalagi ketika ada seseorang yang tak memakai masker,” kata Pottinger.

“Anda bisa dekat secara sosial tetapi jauh secara fisik, ”katanya.

Jaga Kebersihan Tangan 

Meskipun jarang, namun seseorang tetap berpotensi tertular Covid-19 saat menyentuh permukaan kereta atau benda lain yang mungkin terkontaminasi virus. 

“Jika orang-orang menyentuh kursi atau permukaan lain, mereka harus mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol sebelum menyentuh wajah mereka,” kata Pottinger. 

Calon penumpang kereta rel listrik (KRL) antre memasuki Stasiun Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/7/2020). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]
Calon penumpang kereta rel listrik (KRL) antre memasuki Stasiun Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/7/2020). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

Pergilah di Luar Jam Sibuk

Jika jadwal berpergian Anda fleksibel, maka akan lebih baik untuk menghindari jam sibuk. Jam-jam berangkat atau pulang kerja, seperti jam 7-9 pagi atau jam 5-7 sore. Dengan menghindari jam sibuk, maka akan mengurangi risiko Anda bertemu lebih banyak orang. 

Berita Terkait

Berita Terkini