Info

3 Manfaat Mengunyah Permen Karet, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Permen karet disebut bisa membantu menurunkan berat badan, berikut manfaat lainnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Makan permen karet. (thinkstockphotos.com)
Makan permen karet. (thinkstockphotos.com)

Himedik.com - Banyak ulasan yang menyatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena mengunyah permen karet bisa membantu mengontrol diri dari makan sembarangan dan mengencangkan otot wajah. 

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat mengunyah permen karet dalam membantu menurunkan berat badan, antara lain:

1. Menurunkan Rasa Ingin Makan

Tindakan mengunyah dapat mengurangi rasa lapar, membuat Anda merasa lebih kenyang dan membantu mengurangi rasa ingin ngemil. 

Menurut sebuah studi, sebagian peserta yang diminta untuk mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah makan mengalami dampak positif. Pengunyah permen karet dilaporkan merasa lebih kenyang daripada non-pengunyah permen karet.

2. Membantu Mengurangi Asupan Kalori

Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengunyah permen karet di antara jam sarapan dan makan siang tidak hanya merasa kurang lapar tetapi juga makan sekitar 68 kalori lebih sedikit saat makan siang.

Meski temuan penelitian ini tampak menjanjikan, perlu diingat bahwa pengurangan asupan kalori saat makan permen karet tergolong kecil. Selain itu, tidak jelas apakah makan permen karet mengakibatkan penurunan berat badan jangka panjang yang signifikan.

3. Membantu Membakar Kalori

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa tindakan mengunyah permen karet dapat membantu membakar beberapa kalori tambahan. Dalam satu penelitian kecil, peserta yang mengunyah permen karet sebelum dan sesudah sarapan membakar sekitar 3–5 persen lebih banyak kalori dalam 3 jam setelah makan. 

Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)
Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)

Dalam studi lain, mengunyah permen karet setelah makan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar melalui pencernaan. Namun, peningkatan jumlah kalori yang dibakar tetap sangat kecil.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mengunyah permen karet sambil berjalan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa meningkatkan detak jantung dan kecepatan berjalan yang kemungkinan dapat meningkatkan pembakaran lemak serta kalori.

Berita Terkait

Berita Terkini