Info

Jaga Kekebalan Tubuh, Penuhi 4 Nutrisi Penting ini Saat Pandemi Covid-19

Pencegahan infeksi virus corona Covid-19 bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

sumber nutrisi (shutterstock)
sumber nutrisi (shutterstock)

Himedik.com - Selain melakukan berbagai protokol kesehatan, nutrisi juga menjadi bagian penting dalam menghadapi pandemi. Sebab beberapa pemenuhan nutrisi tertentu bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona Covid-19.

Untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko infeksi, makanan kaya nutrisi adalah solusi terbaik. Melansir dari Times of India, berikut empat nutrisi yang diperlukan dalam menghadapi virus corona Covid-19, antara lain: 

1. Vitamin C 

Banyak ahli selama pandemi telah memuji manfaat kesehatan dari makanan kaya vitamin C.

Vitamin C dianggap sebagai antioksidan kuat di mana menetralkan senyawa tidak stabil dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada sel. Anda disarankan untuk konsumsi setidaknya 90 mg vitamin C per hari agar tetap bugar.

2. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang kuat melindungi  dari patogen penyebab penyakit dengan menciptakan antibodi. 

Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi yang sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh. Sementara kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan infeksi penyakit dan gangguan terkait kekebalan.

Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)

3. Vitamin E

Vitamin E larut dalam lemak tubuh dan penting untuk menjaga fungsi normal sel-sel kekebalan. Selain efek imunomodulatornya, vitamin E juga membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Asupan Vitamin E yang direkomendasikan pada orang 14 tahun ke atas adalah 15 mg. Vitamin E bisa didapatkan dari biji bunga matahari, almond, hingga kacang tanah.

4. Zinc

Zinc memiliki peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Nutrisi ini mengaktifkan sekitar 300 enzim dalam tubuh yang membantu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan pembelahan dan pertumbuhan sel, mempercepat menyembuhkan luka,  serta mensintesis protein dan DNA. 

Asupan zinc juga membantu mengurangi durasi flu biasa. Beberapa sumber zinc umumnya terdapat pada daging, kerang, ayam, kacang-kacangan, jambu mete, jamur, biji labu, dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Berita Terkini