Info

Cocok bagi Vegan, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi seorang vegan, berikut beberapa makanan peningkat daya tahan tubuh yang cocok untuk Anda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi menu makan vegan. (pixabay/silviarita)
Ilustrasi menu makan vegan. (pixabay/silviarita)

Himedik.com - Kekebalan tubuh memang sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit. Dalam hal ini ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jika Anda seorang vegan, melansir dari Insider berikut adalah beberapa makanan nabati yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, antara lain:

1. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk atau grapefruit mengandung vitamin C tinggi. Kandungan ini dikenal bisa menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Melansir dari Insider, satu jeruk berukuran sedang mengadung sekitar 70 mg vitamin C, satu jeruk bali sekitar 80 mg, sedangkan lemon mengandung sekitar 30 mg vitamin C.

Cocok bagi Vegan, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh - 1

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin C membantu tubuh memperbaiki jaringan, menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan penting yang mencegah kerusakan sel dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

"Berlawanan dengan kepercayaan populer, vitamin C tidak mungkin mencegah masuk angin, tetapi ada beberapa bukti bahwa vitamin C dapat mengurangi lamanya gejala flu," kata Janine Souffront, RDN, ahli diet terdaftar dan pengawas Pendidikan Kesehatan untuk Rencana Kesehatan Perawatan L.A.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lain sebagainya mengandung vitamin A yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. 

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine, para ilmuwan menunjukkan bahwa vitamin A mempengaruhi produksi sumsum tulang. Sumsum tulang menghasilkan sel kekebalan seperti limfosit, sejenis sel darah putih yang dapat membantu melawan infeksi.

3. Paprika merah

Paprika merah sangat bermanfaat untuk kesehatan kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition pada April 2020 menunjukkan bahwa paprika merah kaya akan vitamin A dan C.

"Paprika merah baik untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin A dan C serta beta karoten," kata Souffront. 

"Vitamin C memiliki manfaat penyembuhan dan antioksidan yang penting dan vitamin A bisa melindungi tubuh dari infeksi," tambahnya. 

4. Jahe

Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa jahe mendukung sistem kekebalan tubuh dan efektif mencegah kanker.

5. Bawang Putih

Bawang Putih, Salah Satu Makanan Antikanker. (Shutterstock)
Bawang Putih. (Shutterstock)

Manfaat kesehatan dari bawang putih berakar pada allicin, yakni senyawa yang dilepaskan saat bawang putih dipotong atau dihancurkan.

"Allicin dan antioksidan di dalam bawang putih membantu melawan infeksi dan mendukung sistem kekebalan," kata Souffront.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition menemukan bahwa ekstrak bawang putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang dewasa yang mengalami obesitas. 

Berita Terkait

Berita Terkini