Info

Update Covid-19 Global: Kasus India Diperkirakan akan Menyusul AS

Saat ini, India ada di posisi kedua dengan jumlah kasus 6,8 juta infeksi Covid-19, tepat di bawah Amerika Serikat yang membukukan 7,7 juta kasus.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Secara global, data dari situs worldometers.info per Kamis (8/10) pukul 00.58 GMT atau 07.58 WIB, jumlah kasus Covid-19 di dunia telah mencapai 36,3 juta orang.

Lebih dari 27,3 juta orang telah dinyatakan sembuh, namun 1.059.975 jiwa meninggal dunia. Hingga kini masih ada 7.922.323 kasus infeksi yang masih aktif di dunia.

Di sisi lain, selama hampir dua bulan terakhir, India mengalami tambahan kasus harian infeksi virus corona terbanyak di dunia.

Puncaknya pada 17 September, negara itu mengalami pecah rekor dengan mencatat 97.894 kasus infeksi baru dalam satu hari. 

Saat ini, India ada di posisi kedua dengan jumlah kasus 6,8 juta infeksi Covid-19, tepat di bawah Amerika Serikat yang membukukan 7,7 juta kasus.

India diperkirakan akan menyusul AS selama beberapa minggu ke depan sebagai negara dengan jumlah kasus infeksi virus corona jenis baru terbesar di dunia.

Meski demikian, pejabat pemerintah India mengklaim tren infeksi harian telah menurun dibandingkan bulan sebelumnya dengan rata-rata 75.909 kasus harian baru, menurut penghitungan Reuters.

"Ada penurunan terus-menerus dalam kasus baru harian kami, yang merupakan tanda yang menggembirakan," kata sekretaris kesehatan Rajesh Bhushan dikutip Channel News Asia. 

Menurut para ahli, pembukaan pembatasan wilayah jadi penyebab lonjakan kasus terjadi pada Agustus dan September.

Namun sekarang dinilai sudah mulai stabil di kota-kota besar. "Virus melambat di kota besar karena ada banyak orang yang sudah terinfeksi," kata Bhramar Mukherjee, profesor biostatistik dan epidemiologi di Universitas Michigan.

Sebuah survei serologis yang dirilis oleh pemerintah India akhir bulan lalu menunjukkan prevalensi antibodi SARS-CoV-2 meningkat menjadi 7,1 persen antara 17 Agustus dan 22 September dibandingkan dengan 0,73 persen dalam survei sebelumnya antara 11 Mei dan 4 Juni.

Mukherjee mengatakan survei tersebut menunjukkan bahwa sekitar 130 juta dari 1,3 miliar populasi di India mungkin sebenarnya telah terinfeksi virus.

Pemerintah telah meminta pihak berwenang untuk waspada selama periode festival mendatang termasuk festival Hindu Diwali pada November mendatang.

India kini menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di Asia. Lebih dari separuh kasus Covid-19 di Asia terdapat di India. Tercatat ada 11,4 juta infeksi dalam satu benua, 6,8 juta di antaranya ada di India. 

Sementara negara lainnya seperti Iran, Iraq, Bangladesh, dan Arab Saudi, yang menjadi lima besar negara Asia dengan kasus terbanyak, rata-rata jumlah infeksi tak sampai 500 ribu. 

Indonesia masuk dalam peringkat sepuluh besar dengan total kasus 315.714 orang. Namun terkait jumlah kasus harian, Indonesia menempati posisi kedua, setelah India dengan jumlah 4.538 infeksi dalam satu hari kemarin. 

Berita Terkait

Berita Terkini