Info

Mudah Didapat, 4 Jenis Buah Ini Tangkal Kanker hingga Sindrom Metabolik

Mulai dari apel hingga pisang bisa menangkal berbagai penyakit.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)
Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)

Himedik.com - Rajin makan buah memang dikenal bisa bermanfat bagi kesehatan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena kandungan buah yang rendah kalori serta tinggi serat dan kaya vitamin.

Melansir dari Everyday Health, untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, bahkan Anda tak perlu konsumsi buah yang istimewa. Sebab beberapa buah yang umum dan pasaran pun bisa bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Apel untuk Turunkan Kolesterol

Apel adalah buah yang bisa ditemukan di mana saja. Tapi buah yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan terutama dalam menurunkan kolesterol.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Desember 2019 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan dua apel utuh setiap hari menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat pada peserta studi dengan kolesterol tinggi.

Kandungan prektin pada apel dan polivenol juga disebut memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa apel juga dapat melindungi dari penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) karena tingkat antioksidan flavonoidnya yang tinggi.

Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)
Buah apel dalam jaring. (Shutterstock)

"Apel adalah sumber nutrisi baik yang mendukung kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan berat badan," kata Malina Malkani, RDN, pencipta Solve Picky Eating di Rye, New York.

2. Pisang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang menawarkan antioksidan, serat, dan banyak nutrisi penting, seperti vitamin B6. Tetapi yang membuat pisang sangat menarik adalah kandungan nutrisinya berubah tergantung pada tingkat kematangannya.

"Pisang yang belum matang mengandung banyak pati resisten yang membantu mengurangi nafsu makan dan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan dengan memperlambat laju pengosongan perut," tambah Malkani.

3. Buah Pir Mendukung Sistem Pencernaan

Buah pir mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Satu buah pir ukuran sedang dikemas dengan lebih dari 5,5 gram serat. Jumlah tersebut memenuhi 20 persen kebutuhan harian Anda.

Selain itu, Mayo Clinic juga menyebutkan serat membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Mudah Didapat, 4 Jenis Buah Ini Tangkal Kanker hingga Sindrom Metabolik - 2

4. Stroberi untuk Antikanker

Menurut MD Anderson Cancer Center, stroberi serta buah beri lainnya mungkin membantu melindungi Anda dari kanker kulit, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada Scientific Reports menemukan bahwa ekstrak stroberi dapat menghentikan penyebaran sel kanker payudara pada tikus.

Berita Terkait

Berita Terkini