Info

Jangan Berbagi Headset dengan Orang Lain, Ini Bahayanya pada Telinga!

Saling meminjamkan headset atau earphone ke orang lain akan membahayakan telinga.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi wanita menggunakan earphone (Pixabay/whoalice-moore)
Ilustrasi wanita menggunakan earphone (Pixabay/whoalice-moore)

Himedik.com - Headset atau earphone merupakan salah satu barang yang sering dibagi atau dipinjamkan ke orang lain. Kebiasaan ini mungkin terlihat aman dan tidak akan menimbulkan masalah.

Faktanya, meminjamkan headset ke orang lain justru menjijikan dan bisa membantu penyebaran kuman jahat yang berbahaya antar orang.

"Saat Anda berbagi headset, kebiasaan itu akan menggandakan flora mikroba di telinga dan memperkenalkan bakteri baru," kata pakar kuman, Kelly Reynolds, dari Universitas Arizona dikutip dari Cosmopolitan.

Menurut Reynolds, penelitian ini telah menunjukkan bahwa flora mikroba di telinga biasanya terdiri dari pseudomonas dan staphylococcus.

Banyak orang membawa bakteri jenis ini tanpa masalah. Tapi, jumlah bakteri yang terlalu tinggi hingga melewati ambang batas yang masuk ke telinga bisa menyebabkan infeksi telinga.

ilustrasi headset (shutterstock)
ilustrasi headset (shutterstock)

Selain itu, bakteri itu bisa menyebabkan infeksi kulit telinga lebih serius dan masalah lainnya bila ada luka terbuka atau folikel rambut di telinga yang terbuka.

Meskipun headset itu milik pasangan atau keluarga Anda, tapi bakteri yang ada di tubuh dan telinga setiap orang pasti berbeda-beda.

Jadi, Anda lebih baik mendisinfeksi headset ketika harus meminjamkannya ke orang lain atau Anda meminjamnya dari orang lain.

Cara seperti itu mungkin bisa membantu membunuh bakteri yang tertinggal dalam headset dan melindungi telinga dari infeksi.

Berita Terkait

Berita Terkini