Info

Tak Bikin Gemuk, Simak 5 Makanan Berkabohidrat yang Baik untuk Kesehatan

Beberapa jenis karbohidrat memang dikenal dan tak bikin gemuk.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ubi jalar. (pixabay/auntmasako)
Ubi jalar. (pixabay/auntmasako)

Himedik.com - Karbohidrat sering kali menjadi asupan yang konsumsinya demi kesehatan.  Padahal tak sepenuhnya karbohidraat berefek buruk pada kesehatan karena ada jenis karbohidrat yang sehat. 

Melansir dari Times of India, tidak semua karbohidrat memiliki sifat yang sama dan memiliki efek yang berbeda pada tubuh. Dalam hal ini banyak orang yang menyebut dua jenis karbohidrat yakni karbohodrat baik dan buruk.

Karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kaya nutrisi yang mengandung serat tinggi. Karbohidrat ini digunakan untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Karbohidrat baik juga bisa menjaga tingkat gula darah tetap stabil dan menghindari berbagai jenis risiko kesehatan.

Sementara karbohidrat buruk merupakan karbohidrat olahan dengan jumlah serat rendah yang sering kali menyebabkan masalah pencernaan dan penambahan berat badan. Karbohidrat ini juga menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang memicu rasa lapar.

Dengan begitu Anda perlu memilah jenis karbidrat yang menyehatkan. Melansir dari Times of India, berikut adalah beberapa makanan berkarbohdrat baik, antara lain:

1. Buncis

Buncis mengandung karbohidrat namun tidak mempengaruhi berat badan. Buncis juga membantu mencegah makan berlebihan.

2. Biji Gandum

Biji gandung menjadi makanan berkarbohidrat yang kaya akan serat. Kandungan nutrisinya membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Biji gandum juga memiliki tingkat asam lemak bebas yang lebih rendah yang baik untuk menurunkan berat badan

3. Ubi

Ubi jalar menjadi produk karbohidrat bisa meningkatkan kadar adiponektin, hormon pengatur gula darah dan membantu mendorong metabolisme lebih cepat.

4. Kecambah

Kecambah adalah makanan rendah karbohidrat yang kaya serat dan membantu mengatur berat badan. Kecambah juga membantu Anda merasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan.

Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]
Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]

5. Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat dan bisa diuraikan secara perlahan oleh tubuh. Hal ini yang bisa menunda rasa lapar Anda. 

Berita Terkait

Berita Terkini