Info

Jaga Kewarasan dengan Tetap Bersosialisasi saat Pandemi, Ini 4 Cara Amannya

Suasana pandemi yang tak kunjung berakhir memang membuat kesehatan mental menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan, begini cara aman bersosialisasi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Pada situasi yang tak menentu seperti pandemi virus corona Covid-19, angka depresi, stres, hingga gangguan kecemasan pun sangat mungkin meningkat. Oleh karena itu, demi membuat mental tetap waras selama pandemi, salah satu caranya adalah tetap terhubung dengan orang lain.

Melansir dari CNN, berikut beberapa tips agar tetap waras dan aman dengan tetap bersosialisasi dengan orang lain, antara lain:

1. Buat Kelompok Aman

Anda mungkin muak mendengar tentang masker, jarak sosial, dan mencuci tangan. Tapi itu adalah senjata terkuat Anda melawan virus corona Covid-19.

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)

"Acara kumpul-kumpul santai di rumah memicu lonjakan Covid-19 baru-baru ini," kata Dr. Robert Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Selain itu Dr. Redfield juga menyarankan untuk membatasi kontak fisik pada sekelompok kecil teman atau keluarga tertentu. Anda juga perlu menghindari kontak dekat dengan siapapun di luar kelompok.

2. Buat Rencana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ilmuwan Amerika, Dr. Peter Hotez menyarankan agar Anda tetap terhubung dengan konselor kesehatan mental yang bisa dihubungi ketika membutuhkannya.

"Periode mengerikan ini tidak akan berlangsung selamanya. Saya pikir kami akan berada di tempat yang jauh lebih baik pada pertengahan tahun depan karena vaksin akan tersedia," kata Hotez.

"Tidak apa-apa untuk merasa takut dan kesal dan menjadi depresi. Ini adalah reaksi yang normal untuk situasi ini," imbuhnya.

3. Bersosialisasilah di Luar Ruangan

Bersosialisasi di luar ruangan memang lebih man, namun tentu masih ada risiko. "Jadi jika Anda memang mengadakan pertemuan, lakukanlah di luar," kata Dr. Leana Wen, seorang dokter ruang gawat darurat dan profesor tamu di Universitas George Washington.

Tetapi hanya karena Anda berada di luar, bukan berarti Anda dapat mengabaikan semua tindakan pencegahan keamanan.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

4. Bertemu Kerabat dengan Bijak

Jika Anda harus bepergian untuk liburan, kurangi melakukan berbagai hal berisiko tinggi. Aktivitas berisiko tinggi bisa berupa makan di restoran tertutup atau berhubungan fisik secara dekat dengan orang yang beda rumah dengan Anda.

Sebaiknya Anda juga menjalani tes sebelum menemui orang yang dicintai, tapi jangan sampai merasa aman palsu hanya karena hasil tes Anda negatif.

"Kadang-kadang ada hasil negatif palsu yang berarti Anda mengidap penyakit tetapi tes tidak mendeteksinya," catat Penn Medicine.

Berita Terkait

Berita Terkini