Info

Tak Cuma Melancarkan Pencernaan, Ketahui Manfaat Kesehatan Zucchini

Zucchini yang berbentuk mirip timun ini punya banyak manfaat!

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi zucchini. (Pixabay)
Ilustrasi zucchini. (Pixabay)

Himedik.com - Zucchini sering dimasukkan dalam menu makanan sehat seperti salad. Meski kerap dianggap sebagai sayuran, zucchini sebenarnya tergolong sebagai buah. Berbentuk mirip timun, zucchini dapat dimakan mentah maupun matang.

Zucchini sendiri tergolong rendah kalori. Satu cangkir irisan zucchini mengandung sekitar 19 kalori. Itu 40 hingga 50% lebih rendah dari ukuran porsi yang sama untuk sayuran hijau rendah kalori lainnya seperti brokoli dan kubis Brussel.

Selain cocok untuk makanan diet karena rendah kalori, ketahui beragam manfaat kesehatan zucchini berikut, dirangkum dari Boldsky.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Zucchini kaya akan serat yang membantu meringankan semua masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gas perut. Ini juga membantu menjaga kesehatan usus yang baik.

2. Memperlambat penuaan

Antioksidan memiliki sifat antipenuaan kuat yang melindungi kulit dari stres oksidatif dan memperlambat penuaan dini. Zucchini dikemas dengan antioksidan seperti beta-karoten yang memperkuat membran sel dan melawan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Ilustrasi zucchini. (Pixabay)
Ilustrasi zucchini. (Pixabay)

3. Menurunkan kadar kolesterol

Zucchini adalah makanan kaya serat dan rendah kalori. Serat yang tinggi pada sayuran ini menurunkan penumpukan kolesterol jahat di arteri dan mencegah risiko penyakit seperti jantung koroner dan stroke

4. Menurunkan tekanan darah

Natrium dan kalium adalah dua elektrolit vital dalam tubuh dan harus dalam perbandingan 2: 1. Ketika orang makan terlalu banyak junk food, kadar natrium menjadi tinggi yang menyebabkan hipertensi. Karena zucchini kaya kalium, ini membantu menyeimbangkan efek negatif natrium dan menurunkan tekanan darah.

5. Manajemen berat badan

Zucchini adalah sayuran buah yang dikonsumsi di seluruh dunia. Ia rendah pati, rendah karbohidrat tetapi tinggi serat dan kandungan air. Hal tersebut menjadikan zucchini sebagai makanan rendah lemak yang sangat membantu untuk mengatur berat badan dalam waktu singkat.

6. Antikanker

Jumlah beta-karoten dan vitamin C yang tinggi dalam sayuran ini membantu mengurangi kerusakan terhadap stres oksidatif dalam tubuh, jumlah yang tinggi sering kali bertanggung jawab untuk menyebabkan kanker seperti kanker prostat pada pria.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa lutein, antioksidan kuat yang ditemukan di zucchini terkait dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Mengonsumsi zucchini membantu meningkatkan mood dan mencegah penyakit mental seperti stres dan depresi. Riboflavin atau vitamin B2 dalam buah ini juga membantu mencegah Alzheimer pada lansia.

Berita Terkait

Berita Terkini