Info

Seperti Apel dan Teh, Asupan Tinggi Flavanol Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tekanan darah pada mereka yang mendapat asupan flavanol dan tidak.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Sebuah studi yang diterbitkan pada penelitian yang diterbitkan pada Scientific Reports menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman tinggi senyawa flavanol bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Melansir dari Medicalxpess, makanan atau minuman tinggi flavanol bisa berupa teh, apel, cokelat, dan buah beri. Pada studi ini, peneliti melacak pola makan lebih dari 25.000 orang di Norfolk, Inggris.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tekanan darah pada mereka yang mendapat asupan flavanol 10 persen terendah dan asupan flavanol 10 persen tertinggi adalah antara 2 dan 4 mmHg. Perbedaan ini sebanding dengan perubahan pada tekanan darah yang diamati pada mereka yang mengikuti diet Mediterania.

Namun, para peneliti menegaskan bahwa efeknya lebih terasa pada peserta dengan hipertensi.

"Apa yang diberikan penelitian ini adalah temuan objektif tentang hubungan antara flavanol dan tekanan darah," kata Profesor Gunter Kuhnle, ahli gizi di University of Reading yang merupakan pemimpin penelitian.

"Sumber makanan kaya flavanol di Inggris adalah teh, coklat, apel dan beri," imbuhnya.

Tim peneliti internasional ini terdiri dari University of Reading, Cambridge University, University of California Davis, dan Mars Edge yang mempelajari 25.618 peserta. Mereka menunjukkan, jika masyarakat umum meningkatkan asupan flavanolnya, ada kemungkinan terjadi penurunan insiden penyakit kardiovaskular secara keseluruhan akibat penurunan tekanan darah tinggi.

"Studi ini menambahkan wawasan kunci, bahwa semakin banyak bukti yang mendukung manfaat flavanol makanan dalam kesehatan dan nutrisi," kata Hagen Schroeter, Chief Science Officer di Mars Edge.

Berita Terkait

Berita Terkini